Bayi
Bayi laki-laki saat menjalani perawatan di Puskesmas Jetis. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Penemuan bayi yang dibuang orang tuanya di dalam masjid An-Nur, Desa Kutu Kulo, Kecamatan Jetis, Ponorogo, Jum’at ( 19/2/2021) saat ini sudah mendapat perawatan di RSUD dr. Harjono.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Ponorogo, Supriyadi mengatakan bahwa setelah sempat dirawat di Puskesmas Jetis, bayi laki-laki yang masih berusia satu minggu tersebut saat ini sudah dipindahkan ke RSUD dr. Harjono, untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

“Benar, hari Sabtu (20/2/2021) sudah berada di RSUD, karena kami ingin memastikan kondisi bayi tersebut dalam keadaan sehat dan perkembangan selanjutnya bagus,” kata Supriadi, Minggu (21/2/2021).

Supriadi beralasan pemindahan bayi tersebut setelah mempertimbangkan sarana dan prasarana yang lebih lengkap di RSUD dr. Harjono. “Fokus saat ini adalah memastikan bayi tersebut dalam kondisi baik, sehat dan perkembangannya sempurna,” ujarnya

Lebih lanjut, terkait banyaknya warga masyarakat Ponorogo yang ingin mengadopsi bayi tersebut pihaknya masih belum memiliki rencana seperti apa mekanismenya, sebab saat ini Dinsos P3A masih melakukan assessment fisik dan kejiwaan bayi tersebut.

“Terkait adopsi masih butuh waktu untuk penelitian, dan tidak ada target waktu sampai kapan bayi tersebut bisa diadopsi,” kata Supriyadi.

Supriyadi menambahkan, bayi tersebut akan menjadi tanggung jawab Dinsos sampai nanti ibu kandungnya bisa ditemukan, atau nanti ada yang mengadopsi. Sebab saat ini Polisi sedang melakukan penyelidikan siapa orang tua bayi tersebut.

BACA JUGA :  Upaya MCCC Kabupaten Ponorogo dalam Menekan Penyebaran COVID-19

“Bayi tersebut saat ini statusnya sebagai anak negara, oleh karena itu menjadi kewajiban dan tanggungjawab Dinsos untuk merawat bayi tersebut,” pungkasnya. (son/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here