HPSN
Proses menuangkan eco-enzyme di sungai Bedadung, Jember. (Andi/PIJARNEWS.ID)

JEMBER, PIJARNEWS.ID – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap 21 Februari, beberapa komunitas lingkungan hidup di Kabupaten Jember menyebar Eco-Enzyme┬áke sungai Bedadung.

Nurul Hidayah, salah seorang peserta saat dikonfirmasi mengatakan, penuangan Eco-Enzyme ke sungai sengaja dilakukankan, untuk mempercepat proses penguraian limbah organik yang terdapat di dalam sungai. “Eco-Enzyme itu, banyak manfaat. Salah satunya mengurai limbah organik yang ada disungai,” ujarnya,Minggu (21/2/2021)sore.

Nurul Hidayah yang juga mewakili Komunitas Sobung Sarka menyampaikan, pada awalnya, kegiatan ini akan diselenggarakan bersama-sama yang berlokasi di Cafe Kolong. Namun, mempertimbangkan kerumunan yang padat, akhirnya diurai di beberapa tempat.

Tim Susur Sungai, kata Nurul Hidayah, menuang Eco-Enzyme menggunakan perahu di sepanjang aliran Sungai Bedadung. Ada sekitar 50 liter Eco-Enzyme yang dituangkan. Sobung Sarka bersama perwakilan Eco-Enzyme Jember mengambil lokasi di bawah Jembatan Imam Bonjol, yang juga masih satu aliran Sungai Bedadung.

Pada saat bersamaan, ada kegiatan pengerukan dan pembersihan sampah di sekitar TPS Imam Bonjol. “Kita tuang Eco-Enzyme, kemudian bertemu komunitas lain yang membersihkan sampah,” sambungnya.

Sampah yang mereka bersihkan, jelas Nurul, adalah sampah yang dibuang sembarangan, sehingga menumpuk pada kanan-kiri badan jalan, dan menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat.

Sehingga, sebagian Eco-Enzyme yang dibawa, juga disemprotkan di TPS dan bahu jalan yang sudah dibersihkan untuk mengurangi bau busuk. (as/mad)

BACA JUGA :  Sosialisasi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Zona VI, Asmawatie: Wujud Prinsip Terbuka Bagi Penyenggra Pemilu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here