Penggelapan mobil
Pelaku bersama barang bukti diamankan di Mapolres Ponorogo. (Foto: Satreskrim Ponorogo)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ponorogo berhasil meringkus pelaku penggelapan mobil rental. Tersangka bernama Suwondo (54), merupakan warga Kebonsari, Kabupaten Madiun.

Tersangka berhasil ditangkap, setelah menggadaikan mobil yang disewanya di daerah Kecamatan Sampung.

“Saat ini, tersangka dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Ponorogo,” jelas Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Hendi Septiadi, Selasa (23/2/2021).

Hendi menjelaskan, modus pelaku dengan menyewa mobil Datsun bernopol AE 514 SO dari korban sejak akhir 2019. Pelaku juga rutin melakukan pembayaran sewa sebesar Rp2 juta setiap bulan sampai akhir 2020. Namun, pembayaran terhenti pada bulan Januari, sehingga menyebabkan korban curiga.

“Dari akhir 2019 sampai 2020, pembayarannya lancar, namun awal 2021 pembayaran mandek, lalu korban curiga dan melaporkan pelaku,” jelas Hendi.

Dari hasil pengembangan, pelaku sudah menggelapkan sebanyak 3 unit mobil berbagai merk dari pemilik yang sama. Pelaku menggadaikan mobil tersebut senilai 20 juta.

“Pelaku dijerat pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman 4 tahun,” tutup AKP Hendi.

Sementara itu, pelaku mengaku sengaja menggelapkan mobil tersebut lantaran tergiur dengan investasi batu bara di Kalimantan.

“Saya butuh dana untuk investasi sebesar Rp200 juta, makanya saya gadaikan mobil tersebut,” ungkap pelaku. (son/mad)

BACA JUGA :  Tes Covid-19 GeNose Mulai Digunakan di Stasiun Pasar Turi Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here