Foto: Jalan Kaki Bondowoso - Dadapan (Jaka Sopan) 2019. (andirafi-pijarnews.id)

Bondowoso | Jalan Kaki Bondowoso – Dadapan (Jaka Sopan) merupakan puncak kegiatan semarak Kesyukuran 45 Tahun atas berdirinya Pondok Pesantren Al-Ishlah, Dadapan, Bondowoso. Dengan dihadiri sejumlah tokoh nasional antara lain, Mentri Kehutanan RI MS. Kaban, adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, Fahri Hamzah dan Ustadz Bachtiar Nasir, Minggu (6/10/19).

Sebanyak 15.000 peserta mengikuti Jaka Sopan, dengan jarak tempuh sekitar 7 Km, dimulai dari alun-alun Kabupaten Bondowoso hingga finish di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Dadapan, Bondowoso. Keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Syaifullah, Kasdim 0822 Mayor Inf. Irawan Setyadi, Pimpinan Ponpes Al-Ishlah Kh. Toha Yusuf Zakariya, Lc,  serta sejumlah tokoh nasional yang hadir.

Toha Yusuf Zakariya, Lc, Pimpinan Ponpes Al-Ishlah, menerangkan, bahwa perayaan Jaka Sopan ini selain memperingati berdirinya Ponpes Al-Ishlah yang ke 45 tahun, juga dalam rangka memperingati hari besar Nasional pada bulan Oktober dan November, diantaranya, HUT TNI Ke-74 (5/10), Hari Santri Nasional (22/10), Hari Sumpah Pemuda (28/10), Hari Lahir KBTNI (5/11), Hari Pahlawan (10/11), Hari Tragedi Gerbong Maut (23/11) yang merupakan tragedi perjuangan masyarakat Bondowoso melawan penjajah.

Jaka Sopan awal mula digagas oleh Pendiri Ponpes Al-Ishlah yakni Allahu yarham KH. Muhammad Ma’shum yang bekerjasama dengan Keluarga Besar Tentara Nasional Indonesia (KBTNI). Pertama kali Jaka Sopan dilaksanakan pada tahun 2016 silam.

Sementara itu, KH. Toha Yusuf berharap, Jaka Sopan kedepannya mendapatkan dukungan lebih luas lagi dari masyarakat, “Pertama yang kita harapkan dari Jaka Sopan ini tentu mendapatkan dukungan yang lebih luas lagi dari masyarakat, dari jumlah peserta yang 15.000, tahun depan bias lebih banyak lagi”, ujarnya.

BACA JUGA :  Puluhan Anggota Poktan Antusias Ikuti Penyuluhan Dinas Pertanian Ponorogo

Toha Yusuf menambahkan, “Jaka Sopan ini diharapkan kedepannya bisa menjadi event tahunan di Kabupaten Bondowoso, sebagai ajang masyarakat dan tentunya dengan adanya Jaka Sopan ini membuat masyarakat sehat jasmani dan rohani,” pungkasnya

Selain itu, yang menjadikan antusias masyarakat untuk mengikuti Jaka Sopan adalah berupa hadiah utama Ibadah Umroh ke Tanah Suci Mekkah, dibiayai sepenuhnya oleh Ponpes Al-Ishlah. Tidak hanya itu, banyaknya hadiah lain yang diberikan selain Ibadah Umroh membuat masyarakat juga antusias, antara lain berupa spededa motor, lemari es, spededa gunung dan puluhan doorprize menarik lainnya.

Reporter: Andi Rafi

Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here