Pelantikan
Ilustrasi Kepala Daerah. (Foto/Istimewa)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah akan dilaksanakan pada hari Jum’at (26/2/2021). Dalam pelantikan ini, hanya dihadiri oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah beserta istri. Sedangkan undangan lainnya bisa menghadiri secara virtual dari daerah masing-masing,

“Tadi pukul 10.00 WIB kita sudah mengikuti rapat koordinasi secara virtual dengan Dirjen Otonomi Daerah dengan menghadirkan Sekda dari semua daerah atau provinsi yang melakukan Pilkada. Pelantikan akan digelar pada hari Jum’at (26/2/2021),” kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Jempin Marbun saat melakukan gladi bersih di Gedung Negara Grahadi Rabu (24/2/2021).

Ia menuturkan bahwa pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2020 teknis pelaksanaannya mengikuti protokol kesehatan secara hybrid.

“Artinya kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan dilantik nantinya dari Kemendagri diberikan toleransi untuk dilantik di ibukota provinsi dalam hal ini di Jatim di Gedung Grahadi,” ujarnya.

Pelantikan ini, lanjutnya, nantinya akan dilakukan tiga sesi. Sesi pertama pukul 09.00 WIB sampai selesai. Sesi pertama ini diikuti enam daerah. Sesi kedua pukul 13.00 juga diikuti enam daerah dan sesi ketiga pukul 16.00, diikuti lima daerah. Semuanya dilaksanakan pada hari Jumat 26 Februari 2021,” paparnya.

Ia juga mengatakan bahwa prosesi pelantikan ini merupaka momen yang sangat sakral. Karena itu memang diharapkan oleh kepala daerah terpilih untuk dilantik secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA :  PGI Jatim Bersama Polda Jatim Jalin Kolaborasi Menjaga Kantibmas Libur Nataru

“Pemerintah menghendaki bahwa pelantikan nanti tidak menjadi klaster baru COVID-19. Makanya satu ruangan pelantikan nanti jumlah yang hadir dibatasi yakni maksimal 25 orang,” tandasnya.

Adapun 17 kepala daerah yang dilantik diantaranya, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Gresik, Jember, Kabupaten Kediri, Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Lamongan, Malang, Kabupaten Mojokerto, Ngawi, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Trenggalek.

Sedangkan Pacitan dan Tuban masih menunggu masa jabatan kepala daerahnya berakhir. Diketahui, masa jabatan Bupati Pacitan Indartato, akan berkahir pada tanggal 4 April 2021. Sedangkan masa jabatan Bupati Tuban Fathul Huda adalah tanggal 20 Juni 2021 mendatang. (fzi/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here