Mendikbud
Apresiasi Nadiem Makarim kepada Universitas Muhammadiyah yang meraih peringkat dunia melalui video singkat pada Jum'at (26/2/2021). (Humas UMM)

MALANG, PIJARNEWS.ID – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil menduduki peringkat pertama Universitas Islam Terbaik Dunia 2021 versi UniRank. Penilaian itu didasarkan pada beberapa kriteria.

Yakni, telah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di negara yang bersangkutan, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana, serta melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka non-jarak jauh.

Selain UMM, ada 10 perguruan tinggi yang memperoleh predikat serupa. Antara lain, Iran University of Science and Technology (Iran), Cairo University (Mesir), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia), Umm Al-Qura University (Saudi Arabia), Shahid Beheshti University of Medical Sciences (Iran), Universiti Islam Antarabangsa (Malaysia), Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia), dan Universitas Islam Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim melalui video singkat berdurasi sekitar satu menit yang viral pada Jum’at (26/2/2021), menyampaikan apresiasinya kepada tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah tersebut.

“Selamat dan sukses pada perguruan tinggi Muhammadiyah. Semoga tetap konsisten dalam memajukan pendidikan Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas secara kompetensi dan pendidikan karakter,” ujarnya.

“Maju terus pendidikan tinggi Muhammadiyah. Lanjutkan perjuangan untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi secara profesional, sesuai perkembangan IPTEK berdasarkan nilai-nilai Islam untuk Indonesia maju dan harum di kancah internasional,” sambungnya.

Nadiem berharap, prestasi ini dapat menjadi semangat untuk seluruh Universitas Muhammadiyah agar terus konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Membawa nama baik Indonesia ke tingkat dunia.

BACA JUGA :  Dubes Indonesia untuk RRT Ajak Wisudawan UMM Ambil Peran di Ekonomi Digital

Sementara itu, Rektor UMM Dr. Fauzan mengucapkan terima kasih, kepada sivitas akademika yang semangatnya tidak pernah redup dalam berkarya, dan menjadikan UMM lebih baik dari hari ke hari.

“Terimakasih kepada semua civitas akademika yang telah bekerja keras hingga UMM mampu terus berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.

Sedangkan, Dr. Nur Subeki Wakil Rektor III sangat mengapresiasi sambutan Mendikbud terkait prestasi Universitas Muhammadiyah, khususnya UMM di kancah internasional. Hal ini, kata Nur Subeki, membuktikan jika pemerintah cukup perhatian terhadap kinerja Muhammadiyah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Namun harapan kita ke depan, pemerintah lebih serius lagi dalam membantu menambah fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan di Muhammadiyah,” pungkasnya. (ram/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here