Gempa 5,2 SR Guncang Halmahera Selatan, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak

0
14
Gempa
Pagar Kantor PN Halsel yang roboh. (Foto/Istimewa)

TERNATE, PIJARNEWS.ID – Gempa bumi berkekuatan 5,2 SR mengguncang kawasan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan , Maluku Utara, Jumat (26/2/2021) pukul 20.02 WIT.

Berdasarkan data kantor Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate, gempa yang berpusat di 12 Km timur laut Labuha, Halmahera Selatan dengan kedalaman 10 Km itu membuat panik masyarakat dan merusak sejumlah fasilitas umum.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault),” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Andri Wijaya Bidang.

Meski tidak berpotensi tsunami, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Labuha sebesar IV MMI. Warga melaporkan, listrik seketika padam dan benda-benda di dalam rumah berjatuhan. Bahkan pagar tembok Kantor Pengadilan Negeri Halsel pun ikut roboh.

“Barang-barang jatuh semua, orang lari ke luar,” ungkap Jaima, salah satu warga Bacan.

Hingga saat ini, BMKG melaporkan belum ada aktivitas gempa susulan. Warga juga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Gempa Guncang Majene: Sejumlah Bangunan Ambruk, Korban Jiwa Semakin Bertambah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here