Jama’ah Semakin Membeludak, Warga Desa Nangalili Rehab Total Masjid

0
162
Masjid
Warga Desa Nangalili saling bahu-membahu dalam pembangunan Masjid Nurul Hidayah. (Fauzi/PIJARNEWS.ID)

MANGARAI BARAT, PIJARNEWS.ID – Agar dapat menampung jama’ah lebih banyak dan dapat digunakan untuk kemakmuran masjid, warga Desa Nangalili, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT saling bahu-membahu membangun Masjid Nurul Hidayah. Pembangunan masjid ini dimulai pada bulan September dan diperkirakan rampung pada tahun 2026 mendatang.

Kondisi fisik bangunan masjid pun sudah mulai rusak, hal ini disebabkan oleh karena bangunan masjid yang sudah berdiri sejak 20 tahun silam. Karenanya, takmir masjid, tokoh masyarakat, warga desa, serta kepala desa bersepakat untuk merehabilitasi total masjid yang berada persis di sekitar jalan provinsi tersebut.

Dalam prosesnya, pembangunan ini mendapatkan sokongan dari berbagai kalangan, mulai dari jamaah muslim desa Nangalili berupa dana dan material bangunan hingga pemerintah dan pihak lain yang tidak terikat.

Namun dalam pengerjaannya, tahapan pembangunan masjid untuk sementara harus terhenti. Pasalnya, kendala yang dialami oleh panitia pembangunan ialah besarnya dana yang diperlukan yakni sebesar Rp. 3 milyar lebih, serta beberapa komponen lain yang memungkinkan untuk dihentikan sementara waktu.

Oleh karena itu, hingga kini panitia pembangunan masjid masih berupaya untuk menggalang dana dari para donatur dari dalam maupun luar daerah.

Sebagai jalan keluarnya, panitia memutuskan untuk melakukan pembangunan secara bertahap, dengan target jangka waktu penyelesaian selama 6 tahun, di mana tahap pertama mencakup pekerjaan persiapan, pekerjaan fondasi, dan pengerjaan sloof yang sedang dalam tahap penyelesaian.

BACA JUGA :  Mahasiswa ITS Ciptakan Kindcrete, Bisnis Vas Berbahan Beton

Untuk melanjutkan pembangunan ke tahap selanjutnya, umat muslim Desa Nangalili berkomitmen untuk terus menghimpun dana swadaya dan terus berupaya untuk mencari donatur yang bersedia ikut serta dalam pembangunan masjid dengan cara memberikan sumbangsihnya dalam bentuk materiil maupun pendanaan agar pembangunan masjid dapat diselesaikan sesuai rencana. (fzi/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here