WA
Ilustrasi aplikasi chatting WhatsApp. (Foto/Patrick Sison)

TEKNOLOGI, PIJARNEWS.ID – WhatsApp versi desktop kini bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video call. Perusahaan telekomunikasi milik Facebook itu telah mengumumkan kehadiran fitur baru tersebut.

Fitur panggilan suara dan video call bukan hal yang baru bagi WhatsApp. Aplikasi WhatsApp untuk Android dan iOS sudah terlebih dulu tersedia. WhatsApp berencana meluncurkan fitur telepon di aplikasi untuk desktop yang bisa digunakan oleh pengguna grup kecil pada penghujung tahun lalu.

Namun, fitur tersebut baru diluncurkan pada hari ini. Itu artinya, fitur tersebut sudah hadir dan bisa digunakan oleh seluruh pengguna WhatsApp versi desktop. Membuat aktivitas panggilan jadi lebih simpel dan bisa digunakan di berbagai perangkat.

Sebagaimana fitur video call yang sudah ada, fitur baru ini menawarkan enkripsi yang sama seperti dalam versi ponsel, yaitu enkripsi end-to-end. Dengan begitu, WhatsApp dan Facebook tidak bisa mendengar atau melihat panggilan yang dilakukan oleh pengguna.

Kekurangan fitur baru untuk WhatsApp versi desktop ini adalah, pengguna hanya bisa melakukan panggilan dengan satu pengguna saja. Artinya, fitur ini belum bisa digunakan untuk panggilan suara atau video call secara rame-rame.

Seperti dilansir The Verge, WhatsApp berjanji akan mengembangkan dukungan yang lebih luas lagi termasuk dukungan untuk panggilan suara dan video call grup. Namun, perusahaan belum menjelaskan kapan dukungan baru itu akan dirilis ke publik.

BACA JUGA :  Keamanan Nataru, Polres Mojokerto Melakukan Kunjungan ke Beberapa Gereja

Untuk menggunakan fitur panggilan dan video call ini, pengguna harus mengatur WhatsApp desktop baik untuk PC maupun Mac, yaitu pengguna harus terlebih dulu mempunyai aplikasi WhatsApp versi ponsel.

Sekali pengguna memasang aplikasi WhatsApp di komputer, pengguna harus memindai kode QR untuk log in ke aplikasi WhatsApp desktop. Setelah itu pengguna akan bisa menggunakan fitur baru ini dengan akun miliknya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here