Banjir
Ratusan rumah warga dan persawahan terendam banjir akibat luapan Sungai Lamong. (Foto/Agus Ismanto)

GRESIK, PIJARNEWS.ID – Ratusan rumah di Gresik, Jawa Timur, tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Lamong. Banjir akibat tingginya curah hujan itu juga menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian ikut terendam, Sabtu (6/3/2021).0

Banjir setinggi 70 cm itu merendam kawasan permukiman warda di tiga desa, yakni Desa Wotan Sari, Banjar Agung dan Pucang, Kecamatan Balungpanggang.

Ratusan hektar sawah yang telah ditanami padi yang sudah berumur dua bulan ikut terendam. Petani terancam gagal panen. “Banjir ini disebabkan meluapnya Sungai Lamong,” ujar Warga Banjar Agung, Sena.

“Banjir datang dan berlangsung sekira pukul empat pagi. Saya berharap pemerintah cepat bertindak, di antaranya membuat tanggul biar gak banjir lagi,” tandasnya.

Camat Balungpanggang, M Jusuf mengatakan, banjir ini tahunan dan telah memasuki banjir ketiga selama tiga bulan terakhir. Menurutnya, petugas dari BPBD dan relawan sudah diterjunkan untuk membantu korban banjir. Termasuk penyediaan logistik untuk seluruh warga yang terdampak.

“Ada tiga desa yang terendam. Tidak ada korban jiwa. Kerusakan yang terjadi di antaranya pada pagar rumah warga,” kata M Jusuf. (fzi/mad)

BACA JUGA :  Banjir Lumpur Menerjang Beberapa Pemukiman di Bondowoso

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here