WHO
WHO akan merilis seluruh temuannya terkait muasal pandemi COVID-19. (Foto: Reuters/Balibouse)

INTERNASIONAL, PIJARNEWS.ID – WHO akan segera merilis laporan dari hasil investigasi di Wuhan, terkait muasal virus Corona. Beberapa temuan dan laporan lengkap itu akan dipublikasikan ke publik untuk menjawab pandemi COVID-19.

Seperti dilansir dari The Wall Street Journal, Direktur WHO Thedros Adhanom Ghebreyesus mengungkapkan akan segera merilis rangkuman singkat dari temuan tim investigasi di Wuhan, China.

“Menurut definisi, laporan ringkasan tidak memiliki semua detail,” kata Ben Embarek selaku kepala tim investigasi WHO, Jum’at (5/3/2021).

“Jadi karena begitu banyak yang tertarik pada laporan ini, ringkasan saja tidak akan memuaskan rasa penasaran pembaca,” tambanya.

Sedangkan menurut Ned Price yang menjabat sebagai jubir Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengimbau China untuk membagikan data apa pun yang sudah mereka ketahui di awal kemunculan virus Corona.

“Ini tentang belajar dan melakukan, diposisikan untuk melakukan segala yang kami bisa untuk melindungi diri kita sendiri, rakyat Amerika, dan komunitas internasional dari ancaman pandemi di masa depan. Karenanya, kita butuh pemahaman ini. Makanya kita butuh transparansi dari pemerintah China ini,” ujar Price.

Adapun tim investigasi WHO yang dikerahkan di lapangan terbagi dalam tiga kelompok, sebagian fokus pada keterlibatan hewan, sebagian lain mengusut penyebaran penyakit, sedangkan kelompok terakhir meneliti temuan sampel. (fzi/mad)

BACA JUGA :  BPBD Jember Fokus Pendataan dan Pendistribusian Bantuan Korban Banjir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here