OSIM
Seminar Kepemimpinan oleh forum komunikasi pembina OSIM KKM VII Kacamatan Waru, Pamekasan. (Yayan/PIJARNEWS.ID)

PAMEKASAN, PIJARNEWS.ID – Forum komunikasi pembina Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) VII Kacamatan Waru, menggelar seminar kepemimpinan. Acara tersebut mengangkat tema “Membangun Semangat Kepeminpinan kepada Generasi Milenial”. Bertempat di Aula LPI Darul Ulum Sana Laok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Ahad (7/3/2021)

Menurut panitia seminar, Abd Bari menyampaikan, seminar ini digelar untuk menanamkan jiwa kepeminpinan kepada generasi milenial.

“Jadi dengan adanya acara ini, kami berharapa ada efek positif kepada para peserta seminar yang notabeninya adalah delegasi dari organisasi siswa madrasah, sehingga termotivasi untuk menjadi pemimpin di masa depan,” katanya.

Sementara itu, pembicara seminar kepemiminan, Mohammad Halili menyampaikan, seorang pemimpin harus mempunyai kompetensi yang cukup untuk memberi motivasi para anggotanya, sehingga dapat menjalankan roda kempemimpinan di era mileniat saat ini.

“Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin diantaranya, interpersonal skil, meliputi; harus bisa menerima aspirasi dan persepsi dari semua teman, guru, bahkan dari luar sekolah. Komunikasi yang baik agar tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan yang di cita-citakan, serta harus bisa membangun jaringan seluas-luasnya, bisa menjad pemecah maslah dari setiap persolan yang timbul di organisasi yang dipimpin,” paparnya.

Lebih lanjut Mohammad Halili menjelaskan, untuk bisa mengadapi revolusi industri 4.0, sebagai seorang pemimpin harus multitalent yang dibarengi dengan kemampuan di bidang administrative.

“Seyogyanya, penguasaan teknologi menjadi pra-syarat utama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 apalagi seorang pemimpin, karena nantinya kecepatan, keluasan dan kedalaman, mempunyai dampak sistemik (terhadap negara, masyarakat, industri, dan perusahaan) yang berbasis teknologi,” tuturnya.

BACA JUGA :  Inilah Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Periode 2019-2024

Jadi Pemimpin di era melinial harus pintar membaca peluang dan menciptakannya, sehingga orang yang dipimpin bisa berdaptasi positif, dengan perubahan yang murni adanya, dengan demikian integritasnya tetap terjaga dalam situasi dan kondisi apapun. (yan/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here