Lansia Ponorogo Akan Mulai Divaksinasi Minggu Depan

0
71
Ponorogo
Rahayu Kusdarini Kepala Dinkes Ponorogo saat memberikan keterangan pada wartawan. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ponorogo mulai ancang-ancang melakukan program vaksinasi lanjutan bagi para lanjut usia (lansia).

Kepala Dinkes Ponorogo, Rahayu Kusdarini mengatakan bahwa Mentri kesehatan sudah memberikan instruksi bahwa para lansia akan menjadi prioritas setelah pelayanan publik. Sebab para lansia prosentase terpaparnya tinggi.

“Insyaallah akhir Minggu ini atau paling lambat Minggu depan kita mulai vaksinasi dosis pertama,” kata Irin, sapaannya, Selasa (9/3/2021).

Irin menyebut bahwa dari data Dinas Dukcapil sementara ini ada sekitar 183 ribu jiwa lansia, yang usianya diatas 60 tahun. Pun, nantinya tidak ada batasan umur bagi lansia untuk bisa divaksinasi.

“Lansia 60 tahun ke atas, kalau umur 100 tahun, kalau memenuhi syarat untuk divaksin kita vaksin,” ujar Irin.

Irin menambahkan, bahwa terkait penyakit bawaan atau kormobit yang ada di lansia, tidak menjadi pantangan bagi lansia tersebut untuk mendapatkan vaksin.

Komorbid semakin diperbaiki, kalau memiliki penyakit kronis, selama dia kondisi fisiknya bagus bisa dilakukan vaksin, baik itu non lansia atau lansia,” tambahnya.

Dinkes Ponorogo sendiri kembali menerima 1.127 vaksin Sinovac Multidose Vial pada Sabtu (6/3/2021). Per vialnya berisi 8-10 dosis vaksin Sinovac, dengan kata lain 1 vial bisa untuk 8-10 orang.

“Prioritasnya mana yang duluan nanti disesuaikan dengan ketersediaan vaksin, yang jelas akan dilakukan secara bertahap,” pungkas Irin. (son/mad)

BACA JUGA :  Perkuat Keimanan Napi, Kapolsek Sukorejo Rutin Berikan Kitab-Kitab Keagamaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here