Hang tuah
Kepala SMA Hang Tuah 4 Surabaya Kartika Sari (kanan) secara simbolis menyerahkan donasi bencana alam kepada perwakilan Lazismu Abdul Hakim. (Yuda/PIJARNEWS.ID)

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Sejak awal tahun 2021 bencana datang silih berganti melanda Bumi Pertiwi, menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit. Selama 1 Januari hingga 7 Maret 2021, Indonesia telah dilanda 733 bencana alam. Bencana terbanyak adalah banjir dengan 326 kejadian dan puting beliung dengan 173 kejadian. Sementara bencana alam lainnya adalah tanah longsor (140 kejadian), kebakaran hutan dan lahan (68), gempa bumi (13), gelombang pasang dan abrasi (12), dan kekeringan (1).

Bencana alam tersebut mengakibatkan 3,5 juta orang menderita dan mengungsi. Sementara korban lainnya sebanyak 12,4 ribu luka-luka, 270 meninggal dunia, dan 12 hilang. (Baca: 243 Orang Meninggal Dunia Akibat Bencana Alam di Indonesia) Sumber: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 7 Maret 2021.

Oleh sebab itulah keluarga besar SMA Hang Tuah 4 Surabaya berinisiatif menggalang donasi bencana alam yang secara simbolis penyerahan ke pihak Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) kota Surabaya dilaksanakan di Gedung SMA Hang Tuah 4 jalan Bogowonto no 18 Surabaya, Selasa (09/03/2021).

Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 4 Surabaya, Kartika Sari menyatakan penggalangan donasi yang sudah kita kumpulkan ini adalah sebagai bentuk rasa empati dari keluarga besar SMA Hang Tuah 4 Surabaya untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, dan longsor yang terjadi di Indonesia.

BACA JUGA :  Terkumpul 34 Juta, Swalayan Surya Ponorogo Donasikan Uang Kembalian Konsumen melalui Lazismu

“Mudah-mudahan kegiatan ini tidak berakhir sampai disini, tetapi berlanjut kepada kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang lainnya, semoga donasi dari keluarga besar SMA Hang Tuah 4 Surabaya membawa berkah bagi semua, dan membawa manfaat barokah bagi yang menerima”, harap Kartika Sari.

Hang tuah
Kepala SMA Hang Tuah 4 Surabaya Kartika Sari (tengah) berpose bersama Lazismu, guru, karyawan, dan perwakilan OSIS SMA Hang Tuah 4 Surabaya. (Yuda/PIJARNEWS.ID)

Sementara itu perwakilan dari Lazismu kota Surabaya, H Abdul Hakim menyampaikan rasa terima kasih nya atas bantuan donasi kemanusiaan untuk korban bencana alam dari keluarga besar SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Pihak Lazismu juga siap bilamana dibutuhkan untuk kerjasama program-progam Kemanusiaan yang lain sebagai bentuk mempererat hubungan silaturrahmi dengan pihak sekolah.

“Donasi ini akan kami kumpulkan ke Lazismu daerah kota Surabaya yang selanjutnya akan kami serahkan kepada Lazismu wilayah Jawa Timur dan diteruskan ke Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk didistribusikan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, mudah-mudahan berkah bagi kita semua”, ungkap Abdul Hakim. (yud/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here