Sumenep
Peresmian unit siaga pencarian dan pertolongan di Sumenep. (Udin/PIJARNEWS.ID)

SUMENEP, PIJARNEWS.ID – Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan (SAR) Sumenep diresmikan operasionalnya oleh Kepala Kantor SAR Surabaya bersama Bupati Sumenep dan jajaran Forkopimda kabupaten Sumenep, pada Selasa (9/3) siang.

Dalam operasionalnya, Unit Siaga SAR Sumenep yang diawaki oleh 8 orang personel ini menempati bangunan milik PT Garam. Lokasinya cukup strategis, yaitu dekat dengan pelabuhan Kalianget.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan, Unit Siaga SAR Sumenep didirikan karena melihat cukup banyaknya kejadian kecelakaan transportasi laut di wilayah Sumenep.

“Dengan berdirinya Unit Siaga SAR Sumenep ini, Kami berharap dapat memberikan pelayanan jasa Pencarian dan Pertolongan lebih cepat dari sebelumnya, sehingga hal ini dapat diharapkan dapat menciptakan rasa aman di masyarakat,” kata Hari.

Karenanya untuk mendukung perwujudan waktu respon yang cepat terhadap adanya kejadian kecelakaan kapal di perairan Sumenep, maka dalam beberapa waktu ke depan, satu unit RIB (Rigid Inflatable Boat) akan digeser ke pelabuhan Kalianget.

Kedepannya, lanjut Hari, Kami berharap bahwa Kantor SAR Surabaya melalui Unit Siaga SAR Sumenep akan dapat bersinergi dengan Unsur Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, dan masyarakat dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.

Senada dengan hal tersebut, dalam sambutannya, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, dengan hadirnya Unit Siaga SAR Sumenep ini diharapkan terus bersinergi dengan Pemkab Sumenep untuk menangani persoalan terkait kecelakaan laut di Sumenep.

BACA JUGA :  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Tepis Isu Vaksin Berbahaya

Menurutnya, Pemkab Sumenep selama ini mengalami kesulitan jika terjadi kecelakaan kapal di perairan Sumenep. Sehingga, keberadaan BASARNAS di Sumenep ini sangat ditunggu-tunggu.

Lebih lanjut Bupati Sumenep mengatakan, Pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dalam hal ini BPBD Sumenep, agar membantu mencarikan lahan yang lebih memadai, agar prasarana dan Alut SAR bisa ditempatkan dengan baik.

Selain dihadiri oleh Bupati Sumenep, turut hadir Kapolres Sumenep, AKBP Darman, Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Infanteri Kholis, Kalaksa BPBD kabupaten Sumenep, Perwakilan PT Garam, dan sejumlah tamu undangan yang lain.

Dalam rangkaian acara peresmian Unit Siaga SAR Sumenep ini, Kepala Kantor SAR Surabaya bersama jajaran Forkopimda Sumenep memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu, Melakukan peninjauan sarana prasarana, serta Menuliskan pesan dan kesan atas peresmian Unit Siaga SAR Sumenep ini. (din/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here