Sumenep
Slamet Ariyadi Anggota DPR RI Dapil Madura saat memberikan sambutan. (Yayan/PIJARNEWS.ID)

SUMENEP, PIJARNEWS.ID – Anggota Komisi IV DPR RI Slamet Ariyadi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petani dan penyuluh pertanian di Cafe UMKM Kabupaten Sumenep, Sabtu (13/3/2021).

Bimtek ini merupakan kerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan).

Langkah ini untuk meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh pertanian menguasai sebelum dan saat bekerja ke lahannya. Sehingga, sejalan dengan program Nawa Cita pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan, maka diperlukan militansi penyuluh pertanian.

“Tentu kegiatan ini penting untuk meningkatkan produksi pertanian, dan harus bersinergi. Sisi lain untuk meningkatkan kemajuan para petani dan penyuluh,” kata Slamet Ariyadi.

Politisi PAN itu menjelaskan ada tiga faktor yang harus dipegang penyuluh pertanian, yaitu kedaulatan, kesejahteraan petani dan lumbung pangan. Maka dari itu, kata dia penyuluh harus mau mengajak petani untuk memahami tata cara menanam.

“Demi menunjang kemajuan petani, pemerintah telah menyediakan bantuan. Petani bisa mengajukan permohonan bantuan ke Dinas terkait. Perngajuan permohonan melingkupi ternak, bibit dan alat-alat pertanian,” ujar Slamet sapaannya.

Para petani dan penyuluh sangat antusias dalam mengikuti pelaksanaan Bimtek ini. Selain mereka mendapatkan ilmu dan inovasi baru yang disampaikan oleh para narasumber, mereka juga dapat berbagi dan menyampaikan harapan mereka kedepannya untuk mendapatkan solusi dan langkah konkrit demi kemajuan pertanian.

“Besar harapan kami, semoga usai Bimtek ini tentu lebih meningkatkan dibidang pertanian. Terutama meningkatkan produksi hasil tanam, baik padi, jagung dan lainnya,” harapan Slamet Ketua DPD PAN Sampang. (yan/mad)

BACA JUGA :  Komunitas Panahan di Probolinggo Mulai Bermunculan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here