Evaluasi Hasil Belajar SMA di Ponorogo Dilakukan Serentak

0
20
Ehb
Siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo saat melaksanakan EHB. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar (EHB) bagi siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur, mulai dilaksanakan serentak di Ponorogo mulai Senin (22/3/2021).

Sebanyak 9 mata pelajaran akan diujikan dalam EHB ini hingga seminggu kedepan. Ke 9 mata pelajaran tersebut yakni, Bahasa Indonesia, PPKN, Matematika, PAI – Budi Pekerti, dan Bahasa Inggris, serta Fisika, Biologi, dan Kimia untuk jurusan IPA. Sedangkan untuk IPS ditambah Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

Muhammad Kholil, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menyebutkan EHB ini tidak berpengaruh kepada kelulusan siswa, namun digunakan untuk memetakan kualitas pendidikan di setiap sekolah.

“Walau tidak mempengaruhi kelulusan, tapi kami menginstruksikan kepada seluruh siswa untuk tetap serius mengerjakan,” ucap Kholil, Senin (22/3/2021).

Lebih lanjut, materi soal dalam EHB ini disusun langsung dari Dinas Pendidikan Jawa timur. Dalam pengerjaannya, siswa diberikan waktu 1,5 jam untuk 40 soal pilihan ganda dan 2 esay.

“Untuk hari pertama pelajarannya Bahasa Indonesia, pengerjaannya lewat komputer yang terhubung dengan server soal dari Dindik Jawa Timur,” imbuh Kholil.

Kholil juga memastikan bahwa pelaksanaan EHB sudah sesuai dengan protokol kesehatan, salah satunya dengan membagi menjadi 3 shift waktu.

“Jadi satu kelas berisi 12-15 siswa setiap shift, biasanya kalau sebelum Pandemi 36 siswa,” jelasnya.

Sementara itu, seorang siswa Rahmah Qomariah mengatakan dirinya tidak mengalami kesulitan dalam pengerjaannya, sebab materi yang diujikan sudah sesuai.

BACA JUGA :  Selain Pembangunan Kantor, Internal KPU Pamekasan Terus Lakukan Pembenahan Program

“Alhamdulillah tidak ada kendala, tapi tadi ada teman yang terkendala karena jawabannya tidak bisa disimpan,” tutupnya. (son/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here