Batik
Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita saat melihat hasil batik ecoprint. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Dorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita buka pelatihan pembuatan batik ecoprint di wisma koperasi kabupaten Ponorogo, Selasa (23/3/2021).

Lisdyarita mengatakan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan potensi daya tarik yang ada di Ponorogo akan semakin bertambah. Selain itu batik ecoprint juga diharapkan dapat membangkitkan perekonomian di Bumi Reog.

“Batik ecoprint masih tergolong baru di Ponorogo, selain itu penggunaan bahan bahannya juga berasal dari alam, jadi lebih ramah lingkungan,” ujar Lisdyarita.

Lebih lanjut, Wabub juga mengingatkan bahwa setelah pelatihan tersebut peserta bisa terus berjalan memproduksi batik ecoprint sendiri, agar ilmu pelatihan ini tidak sia-sia.

“Saya harap Dinas Perdakum (Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro) bisa terus mendampingi, baik dari awal pembuatan hingga nanti pemasarannya,” imbuh Lisdyarita.

Lisdyarita juga menambahkan bahwa untuk harga batik ecoprint sendiri lebih murah, sebab bahan bahannya dari alam dan pembuatannya tidak terlalu sulit.

“Memang hasilnya sangat bagus, dan untuk harganya tentu lebih terjangkau karena bahannya dari alam serta pembuatannya tidak terlalu sulit,” pungkas Lisdyarita.

Batik ecoprint sendiri merupakan salah satu teknik dalam seni membatik yang menggunakan bahan bahan dari alam, seperti daun, bunga, batang dan bagian tumbuhan lainnya yang bisa menghasilkan pola ataupun warna. (son/mad)

BACA JUGA :  Sebuah Motor Terbakar, Api Muncul dari Bagian Mesin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here