Kepala Desa di Ponorogo Ini, Sukses Ajak Anak-anak Gemar Menabung

0
161
Salah satu peserta saat menunjukkan hasil tabungannya. (Sony/PIJARNEWS.ID)

PONOROGO, PIJARNEWS.ID – Budaya menabung hendaknya ditanamkan sejak kecil. Hal ini yang mendasari Barno, Kepala Desa Bringinan, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo membuat gerakan menabung bersama untuk anak-anak yang berada di Desanya. Progam yang sudah berjalan 6 tahun tersebut, sukses mengajak masyarakat untuk gemar menabung.

Barno menyebut ide awal dari program ini ketika dirinya pertama kali menjabat sebagai Kepala Desa Bringinan tahun 2014. Ia ingin mengajarkan agar anak bisa menghargai uang dan memiliki budaya menabung.

“Program ini sudah ada sejak 2014 silam, jadi anak-anak saya ajak untuk gemar menabung dan bisa menghargai uang,” ujar Barno, Senin (29/3/2021).

Saat ini total sudah ada 712 peserta yang ikut dalam program gerakan menabung bersama, yang tersebar di 18 Desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Ponorogo. Untuk pelaksanaan dijadwalkan 29 Maret hingga 7 April, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan membagi jumlah peserta ke beberapa shift.

“Seingat saya, awal ketika mulai cuma 30an orang, namun sekarang sudah mencapai 712 orang,” kata Barno.

Dalam program ini, Pemerintah Desa memberikan fasilitas kotak celengan secara gratis bagi para peserta, nantinya celengan tersebut akan dibongkar dan dihitung hasilnya secara bersama-sama setelah satu tahun.

“Setelah setahun dibuka bareng-bareng, dan dihitung dengan karang taruna, uangnya juga dikembalikan penuh, tanpa potongan sepeserpun,” imbuh Barno.

Selain itu untuk menambah motivasi, pihaknya juga memberikan trophy penghargaan, bagi mereka yang memiliki hasil celengan yang banyak.

BACA JUGA :  Angka Kematian Akibat Covid-19 di Ponorogo Melampaui Nasional

“Kami berikan thropy penghargaan, semata-mata hanya untuk menambah motivasi,” tutup Barno

Sementara itu, salah satu peserta Safaningtyas mengaku sudah dua tahun mengikuti program gemar menabung tersebut, dirinya menabung dari sisa uang jajan miliknya.

“Uangnya buat beli baju lebaran,” ujar Siswa kelas 4 SD tersebut. (son/mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here