Perwakilan Komunitas Ertiga Mania Surabaya (kanan) secara simbolis menyerahkan donasi kepada Kepala RPM Luki Darmawan (kiri)

SURABAYA, PIJARNews.ID – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, serta sebagai bentuk kepedulian kepada anak-anak jalanan dan terlantar, Komunitas Ertiga Mania Surabaya menggelar buka puasa bersama anak-anak jalanan binaan Rumah Pintar Matahari (RPM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya, sekaligus membagikan bingkisan lebaran dan donasi uang saku sekolah.

Aksi sosial Komunitas Ertiga Mania Surabaya tersebut diselenggarakan di Hotel Win Surabaya, Ahad (09/05/2021), mulai pukul 16.30 diawali tauziah atau ceramah agama oleh Kepala RPM Luki Darmawan. Dilanjutkan pemaparan seputar panti asuhan Rumah Pintar Matahari beserta kegiatan-kegiatan anak binaan di Shelter Kampung Seng, Makam Karang Tembok, dan seputaran emperan ruko jalan Sasak Surabaya.

Menjelang adzan Maghrib para anggota komunitas berbuka bersama anak-anak binaan RPM dilanjutkan sholat Maghrib berjamaah. Selesai sholat acara dilanjutkan dengan setoran hafalan surat-surat pendek Juz-30 Al-Qur’an anak-anak binaan dihadapan kepala RPM, dan perwakilan komunitas. Yang hafalannya paling banyak mendapatkan hadiah dari donatur komunitas tersebut.

salah satu anak binaan Rumah Pintar Matahari setor hafalan surat-surat pendek Juz-30 Al-Qur’an dihadapan kepala RPM dan perwakilan komunitas

Perwakilan Komunitas Ertiga Mania Surabaya, Dimas Indra mengungkapkan, dirinya beserta para anggota komunitas mengadakan kegiatan sosial seperti ini rutin tidak hanya di bulan Ramadhan saja, namun juga dihari-hari biasa hampir di setiap waktu.

“Pada momentum kali ini kami berharap lebih banyak orang yang terketuk hatinya tidak hanya membantu anak panti asuhan saja, namun kepada anak jalanan juga untuk berbagi, terutama mengayomi kehidupan anak jalan di Surabaya pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya, mengingat mereka masih mendapatkan porsi yang minim sekali dari masyarakat sekitar”, ungkap Dimas.

BACA JUGA :  Sinergi Sektor Pendidikan dan Penerbangan, Lion Air Group Mengapresiasi MOP 2021

“Kegiatan ini merupakan bagian kecil yang bisa kami lakukan, kami berharap kedepannya nanti lebih banyak komunitas-komunitas yang ikut acara seperti ini. Supaya mereka ada yang membantu meringankan beban kehidupan mereka”, tambah Dimas.

Salah satu anak binaan RPM, Abdul Aziz (14 tahun) kelas 7 SMP KH. M. Noor mengaku sangat senang sekali mendapatkan parcel lebaran dan uang saku untuk sekolah.

Sementara itu, Kepala Rumah Pintar Matahari Luki Darmawan, sangat mengapresiasi kepada Komunitas Ertiga Mania Surabaya yang telah memberikan santunan berupa uang pada pihak RPM dan uang saku sekolah kepada anak-anak jalanan binaan, beserta bingkisan lebaran.

“Kami sampaikan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu Komunitas Ertiga Mania Surabaya yang telah mengundang anak-anak binaan kami dan memberikan santunan berupa bingkisan dan uang saku. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kami dan berkah untuk semua”, pungkas Luki.
(Yuda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here