Target Temukan 600 pasien TBC, Yabhysa Nganjuk Lakukan Penyegaran Kader

0
157
REFRESH: Yabhysa Nganjuk melakukan penyegaran kader dalam proses pendampingan pada pasien TBC. Mereka mencanangkan bisa mendampingi hingga 600 pasien di tahun 2021.

NGANJUK, PIJARNEWS.ID – Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera (Yabhysa) Kabupaten Nganjuk menargetkan pendampingan pada 600 penderita TBC di tahun 2021. Target pendampingan itu merupakan langkah awal untuk target utama, mengeliminasi TBC di Nganjuk pada tahun 2030.

Ketua Yabhysa Emil Subhan mengatakan, pendampinga pada ratusan penderita TBC itu tak bisa dilakukan sendiri. “Butuh peran serta dari pihak terkait. Terutama pencanangan target eliminasi TBC di Nganjuk pada 2030,” katanya di sela-sela kegiatan Refreshment Community Cadre Updating Contact Investigation, Rabu (9/6/2021).

Dalam kegiatan tersebut, 30 dari 110 kader TBC yang dimiliki Yayasan Yabhysa hadir di acara yang digelar di Front One Ratu Hotel Nganjuk. Tujuan kegiatan ini yakni penyegaran ulang terkait sejumlah kemampuan pendamping. Mulai, investigasi kontak, penemuan terduga TBC, dan pendampingan pengobatan.

Kemudian, meningkatkan pemahaman dan kemampuan kader TBC komunitas dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TBC di masyarakat. Termasuk menyediakan kebutuhan pasien tanpa stigma dan diskriminasi.

Dalam kegiatan tersebut, Yayasan Yabhysa menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan yang menyampaikan analisa situasi TBC di Nganjuk. Sementara materi teknis tentang TBC disampaikan PJ TB Puskesmas Kertosono. Sedangkan materi komunikasi dan pemberdayaan disampaikan pengurus Yabhysa.

Kegiatan tersebut dibuka anggota DPRD Nganjuk Fauzi Irwana. Ia mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam pendampingan pada pasien TBC. “Kami bangga dan sangat mengapresiasi keberadaan masyarakat yang ikut terlibat dalam penanganan Kesehatan di Nganjuk,” katanya. Kegiatan penanggulangan TBC yang dimiliki Yabhysa ini baik dan harus disinergikan dengan program-program pemerintah. (fan)

BACA JUGA :  Peduli Pasien TBC, Yabhysa Jatim Latih Puluhan Personel Pendamping Pasien

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here