ALUMNI HEBAT: Menko PMK Muhadjir Effendy bersema sederet alumni sukses UMM. Baik yang saat ini menjadi kepala daerah maupun yang menjadi Rektor UMM yakni Fauzan

MALANG, PIJARNEWS.ID – Halalbihalal alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Sabtu (12/6/2021) berlangsung meriah. Even yang digelar di dome UMM tersebut semakin semarak dengan konsep back to ’90 yang diusung panitia. Para alumni dari lintas generasi hadir baik secara luring maupun yang menyaksikan melalui daring.

Sejumlah tokoh alumni yang sukses sebagai kepala maupun wakil kepala daerah juga hadir. Mereka berbagi cerita saat menjadi mahasiswa di kampus putih. Seperti konsep back to ’90, mereka yang datang menggunakan busana di era mereka kuliah dulu.

Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy, Rektor UMM Fauzan, Bupati Pamekasan Badrut Tamam, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, hingga Wakil Bupati Kaimana Papua Barat Hasbullah Furuada.

Ketua Umum Ikatan Alumni UMM (IKAUMM) Muhammad Irsyad Yusuf bersyukur atas penyelenggaraan yang sukses. Bupati Pasuruan dua periode tersebut berjanji memberikan sumbangsih terbaiknya sebagai salah satu alumni sukses.

“Saya bersyukur menjadi alumni UMM. Banyak pengalaman-pengalaman yang diberikan dosen-dosen kita. Saya menjadi Bupati Pasuruan selama dua periode juga karena ilmu yang saya peroleh selama menempuh studi di Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan,” kenangnya di hadapan para alumni yang mayoritas mengenakan kostum vintage khas 90-an itu.

Gagasan temu alumni menurut pria yang karib disapa Gus Irsyad tersebut, diawali ide dan harapan seluruh lintas alumni. Targetnya, akan dibentuk ikatan alumni di seluruh provinsi di tanah air. Tentunya akan diwadahi dalam IKA UMM.

BACA JUGA :  ITS Gandeng BMH Kirimkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

“Mudah-mudahan jadi embrio yang menyatukan kita bersama untuk membangun bangsa melalui ikatan alumni. Terlebih alumni UMM multiprofesi. Tidak hanya menjadi kepala daerah saja, tapi ada yang jadi pengusaha, akademisi dan sebagainya. Insyaallah memberikan manfaat untuk masyarakat,” katanya optimistis.

Senada dengan apa yang disampaikan Gus Irsyad, Menko PMK Muhadjir Effendy yang merupakan Rektor UMM 3 periode menuturkan tentang pentingnya membangun jaringan alumni. Tujuannya tidak lain untuk lebih menguatkan kontribusi UMM di bidang edukasi.

“UMM perlu membangun jaringan alumni untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif. Apa yang ada di kampus UMM, semuanya punya cerita. Saya mengabdi di UMM lebih dari 30 tahun. Tentu saja merupakan perjalanan yang indah. Tuhan memberikan kesempatan kepada saya untuk menghabiskan waktu di kampus,” katanya.

Dalam agenda reuni lintas generasi yang sukses digelar secara estafet dalam satu hari itu, nuansa klasik sangat kental terasa. Tidak hanya terpantau dari segi tampilan pakaian di era ’90-an saja, melainkan juga tersajikan dalam rangkaian kolase foto esai yang dihadirkan secara apik di dalam lokasi acara.

Karya foto jurnalistik klasik yang menceritakan ragam aktivitas penghuni kampus dari zaman ke zaman-pun tentu memutar memori para alumninya. Melihat lebih dekat sejenak perjalanan panjang UMM sebagai kampus Islam nomor satu di dunia 2021 versi UniRank. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here