Rakerda MUI Batu, Dewanti: Ulama Berperan Penting dalam Menjaga Kerukunan

0
62
SOLID: Pengurus MUI Kota Batu melaksanakan rakerda untuk membahas program kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan yang dihadiri Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko itu, juga digelar halalbihalal.

KOTA BATU, PIJARNEWS.ID – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memberikan apresiasi atas peran serta MUI Kota Batu dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Terbukti, Kota Batu selama ini cukup kondusif.

Hal itu disampaikan Dewanti saat sambutan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus Halalbihalal di Hotel Ciptaningati, Kota Batu, Sabtu (19/6/2021). Menurut istri mantan Wali Kota Batu Edi Rumpoko tersebut, hubungan antara umat Islam dengan nonmuslim sangat baik.

“Terbukti, mayoritas warga Kota Batu beragama Islam, namun banyak sekolah tinggi agama nonmuslim,” katanya. Toleransi yang tinggi ini berkat para ulama. “Peran ulama dalam mendewasakan masyarakat cukup tinggi. Ketika tokoh agama dan tokoh masyarakat peduli dan menjaga masyarakat, maka berbagai permasalahan bisa diselesaikan,” imbuhnya.

Menurut Dewanti, sinergisitas keagamaan dan kemasyarakatan, adalah pilar penting dalam menjaga persatuan bangsa. “Implementasi nilai-nilai keagamaan adalah kemaslahatan dalam tataran kemasyarakatan. Dan itu merupakan peran semua pihak,” jelasnya.

Sementara itu, dalam Rakerda bertema “Membangun Silaturahmi Ulama, Umara, Masyarakat untuk Kemaslahatan Umat”, dihadiri Ketua MUI Jawa Timur KH. Hasan Mutawakkil Alallah, Forkopimda Kota Batu, Ketua MUI Kota Batu, dan peserta Rapat Kerja Daerah MUI. (fan)

BACA JUGA :  Muhammadiyah Sulbar Alami Kerugian Rp1,2 Miliar Akibat Gempa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here