VIRTUAL: Pandemi covid-19 tak menyurutkan Prodi Ilmu Komunikasi UMM untuk berkarya. Salah satunya dengan menggelar peringatan milad yang salah satu kegiatannya memberikan apresiasi pada dosen berdedikasi yang telah meninggal dunia.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memasuki usia 35 tahun. Dalam memperingati miladnya, digelar sejumlah kegiatan. Di antaranya refleksi bertajuk Tribute to Live melalui channel YouTube-nya, Rabu (28/07/2021).

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi UMM M Himawan Sutanto mengatakan, peringatan ulang tahun kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam suasana keprihatinan, pihaknya tetap ingin membangun optimisme untuk bisa melewati kesulitan yang sedang dihadapi masyarakat di dunia imbas pademi covid-19.

“Dalam usianya yang ke-35 ini, Ilmu Komunikasi UMM tetap ingin berprestasi, kreatif, dalam berkarya, komunikatif dalam kehidupan social, dan kolaboratif dalam memberi solusi pada masyarakat,” kata Himawan.

Ketua panitia Milad 35 Ilmu Komunikasi UMM Arum Martikasari menerangkan, kemasan acara Tribute to Live memberikan penekanan pada semangat Tridharma Perguruan Tinggi. Sekaligus perwujudan dari tagline “Kreatif, Komunikatif, Kolaboratif”.

Meski dilaksanakan secara virtual, namun acara yang dipandu Sekretaris Prodi Komunikasi UMM Widiya Yutanti itu tetap menarik. Selain penampilan puisi dosen Frida Kusumastuti, penampilan musik mahasiswa, testimoni para dosen, acara juga diisi dengan testimoni keluarga tiga pendahulu yang telah wafat.

Di antaranya, Prof. Hamidi, Abdullah Masmuh, dan Rudi Lelono. Dedikasi ketiganya selama ini dalam membesarkan prodi tak perlu diragukan lagi. Tak pelak momen peringatan tersebut memberikan keharuan tersendiri.

Selain itu, dalam peringata milad tersebut, tim liputan laboratorium Komunikasi UMM juga menayangkan perjuangan korban Covid-19. Beberapa mahasiswa yang terpapar virus kemudian memberikan testimoni dan berbagai pengalaman, bagaimana menjalani isolasi mandiri dengan tetap mengikuti perkuliahan atau ujian skripsi secara daring.

BACA JUGA :  UMM Sabet 4 Juara di KKCTBN 2020

Dalam testimoninya, mereka berterima kasih pada prodi yang terus memberikan perhatian. Baik berupa asupan gizi, obat-obatan, maupun perhatian berupa motivasi. Tayangan ini diakhiri dengan pelukan virtual oleh para dosen, pada siapa saja yang sedang berjuang melawan covid-19.

Arum berterima kasih pada para pendukung acara Tribute to Life yang disiarkan secara Live Tapping di Kanal YouTube Komunikasi UMM pada tanggal 28 Juli 2021 pukul 19.00 WIB itu. Antara lain kepada para dosen, mahasiswa Komunikasi UMM dan alumni, serta Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara UMM Gita Surya.

Peringatan 35 tahun Komunikasi UMM akan terus berlanjut hingga Oktober 2021 nanti. Adapun rangkaian acara yang akan dihelat adalah Social Media Campaign #TRIbuteToLife, Open Donation, Commtalk Special Edition: Kawal Infodemik, serta berbagai kompetisi untuk mahasiswa.

Ada juga peluncuran buku karya kolaborasi Dosen Komunikasi UMM untuk memotret Ilmu Komunikasi dalam situasi pandemi Covid-19 ini. “Puncaknya nanti akan digelar peluncuran buku, penyerahan dana untuk penyintas Covid-19 serta penganugerahan pemenang lomba,” pungkas Arum. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here