Kepala sekolah dan kepala program studi menjalin kerjasama dengan pimpinan Industri Animasi hompimpa

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Dalam rangka mewujudkan sekolah pusat keunggulan, SMK Muhammadiyah 1 (SMK Mutu) Surabaya harus terus melangkah cepat dan selalu bersinergi dengan perusahaan-perusahaan ternama dengan melakukan kerjasama dengan membuat A memorandum of understanding (MoU). Salah satunya dengan industri animasi ternama, Hompimpa Animation Studio yang dilakukan pada hari Rabu (18/8) lalu.

Perusahaan yang beralamatkan di jalan Darmawangsa, No. 54 lantai 2 Surabaya ini, berdiri sejak tahun 2012 yang berfokus membuat IP 3d animation serta pengerjaan 3d animation. Hompimpa Animation Studio ini, tidak hanya melayani pesanan dari dalam negeri, juga menerima dari luar negeri seperti Korea, Malaysia dan negara lainya.

Dalam kunjungannya, SMK Mutu Surabaya selain diikuti kepala sekolah, turut pula staff Humas, staff sarana prasarana, kepala program DKV (Desain Komunikasi Visual) yang disambut langsung oleh dengan bertemu dan berdiskusi langsung dengan Dawang, Project Manager dari Hompimpa Animation.

Kepala SMK Mutu Surabaya, Renny Fiqriyah dalam kunjungannya menyampaikan, bahwa sekolahnya sangat memerlukan keselarasan antara SMK Mutu dengan dunia kerja. “Tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh, sebagai perwujudan SMK Pusat keunggulan.” Katanya.

Renny menambahkan, bahwa SMK perlu ‘kawin’ dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). “Pembelajaran yang di awali dari minat dan bakat anak. Dengan datang ke Hompimpa, kami memiliki tujuan menjalin link and match dengan Hompimpa, terutama program guru tamu, yang nantinya akan mengajar di SMKM1 sejak kelas X,” Terang Renny.

BACA JUGA :  Askot PSSI Surabaya Gelar Seleksi Pemain untuk Timnas U-16 dan U-19

Kepala sekolah berserta jajaran nya berkesempatan melihat produksi Animasi di studio hompimpa

Dengan adanya kerjasama dalam pemagangan guru dan siswa, rekruitment tenaga kerja, dan tak kalah penting yakni sinkronisasi kurikulumnya. Maka minat dan bakat anak di bidang animasi terarah sejak awal, sehingga lulusannya pun sesuai dengan yang dibutuhkan industri, serta sesuai dengan minat dan bakat anak.” Sambungnya.

Kedatangan SMK Mutu Surabaya di Hompimpa disambut dengan senang hati, Dawang mengatakan, pihak Hompimpa pada dasarnya memahami keinginan SMK Mutu Surabaya dan menyambutnya dengan adanya penandatanganan MoU antara keduanya.

“Kami akan memberikan ilmu sesuai kemampuan kami, dan yang terpenting kita harus menjalin komunikasi yang baik antar keduanya, apa saja sekiranya yang dibutuhkan SMK Mutu, kami siap membantu dan saling berbagi agar bisa bermanfaat.” Ujar Dawang.

Dalam kesempatan yang sama, Ika Wardani Saputri Kepala Program Studi DKV SMK Mutu menjelaskan, bahwa siswanya masih kurang dalam memahami terhadap dasar-dasar animasi. “Tentunya kami berharap, pihak perusahaan bisa menjadi guru tamu sekaligus coaching clinic ditempat kami, supaya saat magang nantinya siswa kami benar-benar sudah siap,” ucap Ika.

Pada kunjungan kali ini, SMK Muhammadiyah 1 Surabaya tidak hanya berdiskusi dan melakukan kerja sama. Namun juga berkesempatan melihat serta mengamati seperti apa proses produksi pembuatan animasi, serta mendapatkan penjelasan langsung dari pihak perusahaan. (*)

Penulis : Irvandy Andriansyah
Editor : Hendra Hari Wahyudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here