Mahasiswa UMSurabaya Memasukkan Covid-19 Ke Dalam Ular Tangga Saat KKN

0
38
SERU: Pelaksanaan permainan ular tangga untuk edukasi Covid-19 kepada anak-anakEPelaksanaan permainan ular tangga untuk edukasi Covid-19 kepada anak-anak

BOJONEGORO, PIJARNEWS.ID – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Back to Village (BTV) di Desa Selorejo, Baureno Bojonegoro pada Kamis (26/8). Membawa tema “Memberdayakan Desa Melalui Pendampingan UMKM dan Edukasi Covid di Era New Normal” dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, sampai menghindari kerumunan diterapkan dalam melaksanakan kegiatan ini.

Salah satu program yang menjadi unggulan serta menjadi daya tarik dari kelompok ini adalah, program Edukasi Covid-19 kepada anak-anak melalui media permainan ular tangga. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok KKN BTV Bojonegoro, Sri Lestari, menyatakan, bahwa semakin tingginya angka penyebaran virus Covid-19, ditambah kurangnya pengetahuan tentang virus Covid-19 oleh anak-anak, menjadi latar belakang penyusunan program ini.

“Adanya varian baru dari virus Delta ini, perlu dilakukan penanaman pemahaman bagi anak-anak tentang virus Covid-19 dan protokol kesehatan” tuturnya. Para peserta KKN BTV Bojonegoro membuat sendiri desain ular tangga dan letak edukasinya. Nurul Fitriya Romadhoni, perwakilan mahasiswa KKN BTV Bojonegoro dari  Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhsiyyah) UMSurabaya mengaku, konsep yang mereka buat menyangkut tentang mengenal Covid-19, seperti apa bahayanya, bagaimana pencegahan penularannya, dan bagaimana pengobatannya. “Kami terinspirasi dari salah satu artikel di internet yang menjelaskan edukasi belajar anak dengan media permainan tradisional yang di buat untuk anak-anak, lalu kami mengembangkan ide itu menjadi sebuah permainan edukasi Covid,” ungkapnya perempuan yang akrab disapa Fitri ini.

BACA JUGA :  KKN STIT Pacitan, Gerak Tanam Pohon Buah di Kawasan Gunung Manggis
Edukatif : desain permainan ular tangga edukasi Covid-19

Terdapat 5 sampai 10 anak yang dengan antusias mengikuti permainan yang di mainkan bersama peserta KKN. Di tengah-tengah permainan, mahasiswa menerangkan setiap kotak permainan yang didalamnya berisi kata yang memiliki keterkaitan dengan Covid-19. Dimana nantinya peserta akan menempati kotak tersebut dan harus mengikuti tantangan sesuai kata yang terdapat dalam kotak pada ular tangga tersebut.

Seperti tantangan tentang bagaimana cara mencuci tangan dengan benar, apa itu isolasi mandiri, jaga jarak, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan Covid-19. Tak hanya Covid, mahasiswa juga menyisipkan kata yang berkaitan dengan agama, pengetahuan umum dan lainnya. Diantaranya rukun Islam, rukum iman yang berupa kuis atau tebakan. Anak-anak menjawab tantangan dengan semangat dan antusias, karena permainannya di sertai edukasi.

Kegiatan KKN BTV Bojonegoro ini telah dilaksanakan sejak Rabu (28/7), dan berlangsung selama satu bulan. Tidak hanya di Desa Selorejo, kegiatan KKN juga dilakukan di desa-desa lain di Kabupaten Bojonegoro sesuai domisili asal mahasiswa. Diantaranya Desa Bakung, Selorejo, Sugihwaras, Bumi Ayu, Temu, Kasiman, Klepek, dan Gunungsari. Program yang dilakukan juga beragam, seperti edukasi Covid-19, pemberdayaan UMKM, budidaya toga (tanaman obat keluarga), dan pendampingan belajar online. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here