KKN PCR: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Cabang dan Ranting (PCR) dengan tema "Let's Explore The World!"

SURABAYA, PIJARNEWS.ID – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Cabang dan Ranting (PCR) Muhammadiyah 2021, salah satunya yang bertempat di Gresikan, Ploso, Tambaksari, Surabaya. Para mahasiswa KKN PCR ini membawa beberapa program kerja, diantaranya bagaimana cara mendapatkan beasiswa yang di kemas dalam acara diskusi bertajuk “Let’s Explore The World!” yang diadakan secara luring.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, (28/8) dengan pemateri Adinda Vicky Clarasati, lulusan terbaik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tahun 2019 dan Alumni Youth Exchange and Study (YES)/ American Field Service (AFS) 2014. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah para remaja Masjid Al Hikmah, Rangkah dan anak-anak panti asuhan Gresikan, yang merupakan tunas muda bangsa yang perlu diberikan suntikan motivasi serta pengalaman terkait beasiswa ke luar negeri.

Tujuan dari diadakannya kegiatan Let’s Explore the World ini sebagai upaya untuk membuka sudut pandang dan pola pikir generasi muda milenial sekarang, agar dapat terus berkembang dan berinovasi dalam kehidupannya ke depan. Seperti yang disampaikan oleh Deva Anastasya Ravida, salah satu mahasiswa KKN PCR, bahwa menuntut ilmu hingga ke luar negeri adalah dalam upaya membantu memajukan negara melalui perkembangan teknologi yang lebih luas, serta memahami adat istiadat dan budaya yang ada di negara lain. “Juga sebagai pendorong para generasi muda untuk mengharumkan nama bangsa, dengan melakukan study exchange demi memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia.” ungkap Deva.

Penyempaian Materi oleh Adinda Vicky Clarasati, lulusan terbaik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tahun 2019 dan Alumni Youth Exchange and Study (YES)/ American Field Service (AFS) 2014.

Kegiatan yang mengusung tema “Tips Keluar Negeri Gratis, Let’s Explore The World!” ini diselenggarakan di SD Muhammadiyah 3 Tambak Segaran, Surabaya. Acara yang dimulai pada pukul 15.30 hingga 17.00 WIB, di isi oleh Kak Adinda –panggilan akrab Adinda Vicky Clarasati– yang menyampaikan seperti apa program YES tersebut. “YES adalah program pertukaran pelajar ke United States of America (USA) selama setahun yang memiliki visi misi mengenalkan Indonesia dan agama Islam di Amerika,” terangnya

Adinda yang menyampaikan materi tentang program beasiswa, pertukaran pelajar, juga magang berbasis Internasional tersebut, di sertai dengan diskusi interaktif itu, membagi pengalaman serta suka dukanya selama menjalani YES. “Belajar di luar negeri memungkinkan orang dapat menjalin persaudaraan dengan orang dari seluruh dunia yang memiliki karakteristik dan kultur yang berbeda-beda, kita tidak hanya bertemu dengan penduduk lokal dari budaya tempat kami belajar, tetapi siswa Internasional lainnya yang sama – sama belajar di luar negeri,” ujar Adinda.

Ia menambahkan, bahwa belajar di luar negeri memungkinkan kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri kita sendiri, serta mendapatkan pengalaman yang lebih luas dalam memahami kehidupan yang berskala global. “Tentu dalam kehidupan di luar negeri dengan Indonesia sangat berbeda, baik kultur budaya, agama, bahasa dan lain sebagainya. Sehingga kita diupayakan berdaptasi dengan itu semuanya,” terangnya.

BACA JUGA :  Universitas Muhammadiyah Malang Tingkatkan Literasi di Tengah Pandemi

Setelah acara “Tips Keluar Negeri Gratis, Let’s Explore the World” ini selesai, dilanjutkan dengan penutupan KKN PCR yang dihadiri langsung oleh Edi Purnomo,  Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tambaksari bersama dengan Wakil Ketua PCM, Syaiful Bahri, perwakilan dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Rangkah dan Masjid Al-Hikmah, Yanto. Serta Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Asy’ari MPd. Penutupan KKN PCR ini dilaksanakan secara seremonial di Aula Kantor PCM Tambaksari yang sekaligus panti asuhan di Jalan Gresikan. Pada kesempatan itu juga Ketua Pelaksana KKN PCR, Polaris Zidni Ilma menyampaikan, bahwa selama kegiatan KKN PCR ini yang menjadi kebanggaan tersendiri adalah support serta dukungan dari Cabang dan Ranting Muhammadiyah di Tambaksari dalam memfasilitasi berbagai kegiatan yang dilakukan selama satu bulan. “Sehingga KKN PCR ini berjalan tanpa ada kendala apapun,” ucapnya.

Penutupan KKN PCR Tambaksari

Disisi lain, Asy’ari selaku DPL juga menyampaikan hal senada, dimana kegiatan ini walaupun alokasi waktunya hanya satu bulan, tetapi merupakan wujud dari pembuktian langsung dari mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat. “Kalau dibangku kuliah itu sifatnya teoritis rasionalis, namun di KKN PCR ini bagaimana belajar bermasyarakat secara langsung, sehingga akan mengetahui kultur budaya setempat dari kelebihan dan kekuranggannya,” terangnya.

Yanto, yang merupakan wakil dari PRM Rangkah juga memberikan kesannya dengan adanya KKN PCR ini. “Selama kegiatan di Masjid Al-Hikmah Rangkah, jama’ah dan remaja masjid sangat senang, semoga kegiatan yang menarik ini terus dilanjutkan dan diambil alih oleh pihak masjid serta dilaksanakan secara berkelanjutan,” harap Yanto. Sambutan yang terakhir disampaikan oleh Ketua PCM Tambaksari, Edi Purnomo, yang sekaligus menutup kegiatan KKN PCR Tambaksari ini. Edy menyampaikan, bahwa selama kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMSurabaya ini, banyak sekali manfaatnya buat anak panti dan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Tambaksari. “Mulai dari kegiatan pelatihan dan workshop editing flyer dan video, serta kegiatan-kegiatan yang sifatnya meningkatkan cakap teknologi AMM di PCM Tambaksari. Karena di era sekarang ini memang sudah masuk pada zaman revolusi industri 4.0 yang serba teknologi,” katanya.

Edi juga menambahkan, kegiatan-kegiatan yang menunjang keterampilan ini kedepannya akan menjadi bekal anak-anak dalam menghadapi eranya. “Namun bagi mahasiswa juga ada satu kata yang harus diupayakan, yaitu “lakukan apa yang ditulis, dan tuliskan apa yang telah dilakukan,” pungkasnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here