PANTAU: Berdiri dari kiri, Bapak Imam Mahfudi (ketua MCCC kab. Sidoarjo) dan Bapak Iksan (Ketua Majelis dikdasmen PDM Sidoarjo) pada saat menyaksikan Vasinasi Covid-19 di MTS Muhammadiyah 1 Taman.

SIDOARJO, PIJARNEWS.ID – Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai, membuat kita bahu-membahu berusaha bersama menekan laju penularan serta peningkatan kasus. Pemerintah bersama berbagai elemen menggencarkan program vaksinasi, guna memberikan perlindungan kepada masyarakat. Tak terkecuali seperti yang ada di MTs Muhammadiyah 1 Taman (MTs Muhita) yang memberikan vaksin dosis pertama kepada siswanya pada Senin (6/9).

Kegiatan vaksinasi yang bekerjasama dengan Puskesmas Trosobo ini, dilaksanakam dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Sambil menahan sakit karena suntikan vaksin oleh tenaga medis, para siswa sangat antusias mengikuti guna menekan angka kasus Covid-19. Selain itu, pemberian vaksin dilakukan agar nantinya saat pembelajaran tatap muka diberlakukan, siswa merasa aman dan terlindungi, serta orangtua tidak khawatir ketika mengizinkan anak-anaknya belajar secara langsung di MTs Muhita.

Program vaksinasi yang disaksikan secara langsung oleh Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Iksan, serta ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Sidoarjo, Imam Mahfudi, keduanya sangat mengapresiasi kerjasama antara Puskesmas Trosobo dengan MTs Muhita dalam menjalankan program Pemerintah dalam menanggulangi kasus Covid-19. Erna Mawati, salah satu wali murid menyampaikan, bahwa pembelajaran tatap muka lebih efektif dibanding dengan daring, apalagi orangtua masih banyak pekerjaan dirumah namun harus membantu anak belajar online. “Maka dengan mengikuti aturan sebagai persyaratan untuk pembelajaran tatap muka dengan melaksanakan vaksinasi siswa, adalah pilihan sangat tepat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata wali dari Adelia siswa kelas 7 ICP ini.

BACA JUGA :  Puluhan Murid SMAN Rambipuji Gagal Masuk Unej melalui SNMPTN Jalur Prestasi
TERTIB: Para Siswa MTS MUH1TA duduk dengan tertib untuk mendapatkan vaksinasi covid-19

dr Amelina, koordinator vaksinasi Covid dan tim kesehatan dari Puskesmas Trosobo mengatakan, program vaksinasi yang dilakukan di MTs Muhita sangat baik. “Ini merupakan sinergitas antara Puskesmas dengan sekolah yang sangat positif dalam rangka melawan Covid-19, serta untuk menyukseskan program Pemerintah,” terangnya.

Lebih lanjut dr Amelina menambahkan, vaksinasi yang dilaksanakan di sekolah ini sangat baik dan efektif daripada harus menunggu di Puskesmas. “Adanya vaksinasi untuk siswa ini, juga untuk meringankan gejala apabila terpapar virus. Karena tingkat kematian sangat minim dikarenakan seseorang yang sudah di vaksin akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibanding seseorang yang belum vaksin,” papar dr Amelina.

“Jika ada kendala seperti penyintas Covid-19 yang belum sampai tiga bulan, atau sedang bergejala seperti batuk, pilek dan demam, maka vaksinasi ditunda di lain hari,” pungkasnya.

Adapun vaksin yang diberikan kepada siswa MTs Muhita kali ini adalah jenis Sinovac terbaru, yang memiliki efektifitas 80 persen. Program vaksinasi yang diadakan ini dengan harapan dapat menanggulangi penyebaran virus Covid-19, serta untuk mendukung program Pemerintah yang mana sekolah menjadi ujung tombak dalam memotivasi, mengedukasi, serta memberikan pemahaman terkait manfaat dari vaksin, agar siswa mengerti dan mengikuti vaksinasi guna melawan dan mempercepat pandemi supaya segera berakhir. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here