Tekankan Kreatifitas, Sanusi Sindir Masih Banyak OPD Hanya Habiskan Anggaran

0
14
Bupati Malang M. Sanusi memberikan penekanan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintahan untuk kreatif dan inovatif.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Bupati Kabupaten Malang, M. Sanusi memberikan penekanan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintahan untuk kreatif dan inovatif. Sanusi menyebut, masih ditemui di kalangan OPD di Kabupaten Malang sejauh ini hanya sekadar menggugurkan kewajiban dalam melayani masyarakat.

Penekanannya itu di maksudkan agar jajaran OPD terus memacu kreativitas dalam pelayanan. “Di jajaran OPD kemarin kita adakan kunjungn ke setiap dinas, saya harapkan agar nanti Kepala OPD sebagai pemicu mengembangkan kreativitas di lingkungannya untuk berinovasi lebih baik,” ujarnya pada Jumat (10/9) ketika dikonfirmasi.

Menurut Sanusi, banyak diantara OPD kurang memperhatikan output program yang dihasilkan. “Selama ini yang saya lihat dan merasakan sebagian hanya menggugurkan kewajiban, menjalankan program tapi tidak ada pengembangan. Kemudian menghabiskan anggaran, kalau habis seratus persen dinilai berhasil tapi output kurang diperhatikan,” tegasnya.

Meski demikian, diakui Sanusi masih ada beberapa OPD yang secara nyata sudah mampu berinovasi dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Hal inilah yang menurutnya harus terus dipacu agar kinerja seluruh perangkat daerah dapat dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat Kabupaten Malang.

“Harus dirubah mainsetnya, bahwa tugas Pemerintah adalah melayani dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, caranya lewat inovasi yang harus terus dikembangkan,” tambah mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, inovasi daerah dinilai identik ke arah kebaikan dan kemajuan terutama dari sisi ekonomi. Sanusi mengaku di Kabupaten MalangĀ  sendiri saat ini terus bangkit dan bertekad untuk terus berbenah terutama dari sisi ekonomi, Ia mencontohkan seperti salah satunya adalah ekspor Pro EM 1 ke Tiongkok yang baru saja dilakukan beberapa waktu lalu. Ditengah pandemi, produk tersebut dinilai pengaruhnya sangat besar yakni mampu menghambat penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  Bantuan Beras untuk Warga Siap Didistribusikan, Dinsos Tuban Lakukan Pemeriksaan Secara Ketat

“Jika kita punya inovasi seperti halnya produk kesehatan, akan banyak permintaan, imbasnya ekonomi di Kabupaten Malang akan ikut terdongkrak,” tandas Sanusi. (*)

Kontributor : M. Prasetyo Lanang
Editor : Hendra Hari Wahyudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here