PPKM Turun Level, Aktivitas Bisnis Akan Segera Normal

0
9
Level PPKM menurun, aktivitas kerja di perusahaan akan kembali normal, Para pekerja diharapkan bisa bekerja kembali secara penuh 100 persen

MALANG, PIJARNEWS.ID – Memasuki PPKM level 2 di Kabupaten Malang, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyebut aktivitas kerja di perusahaan akan kembali normal. Para pekerja diharapkan bisa bekerja kembali secara penuh 100 persen. Yoyok Wardoyo, Kepala Disnaker Kabupaten Malang, pihaknya berupaya mengembalikan aktivitas pekerja di industri usai dilanda keterpurukan akibat pandemi. Terlebih ratusan buruh telah di PHK dan dirumahkan.

“Kami berharap setiap tempat industri yang terkait dengan produk, ini bisa bekerja kembali 100 persen. Seperti dalam situasi yang normal, karena perusahaan yang menghasilkan produk kaitannya dengan profit oriented,” ujarnya pada Rabu (29/9) kemarin.

Sebelumnya, wilayah Kabupaten Malang sendiri masuk kategori PPKM Level 2. Sedangkan dalam anglomerasi Malang Raya masuk PPKM Level 3. Yoyok menyebut dalam penerapan PPKM, perusahaan-perusahaan telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Meski diakuinya sejumlah perusahaan yang terpaksa merumahkan karyawan agak tersendat aktivitas bisnisnya.

“Pada dasarnya perusahaan-perusahaan itu dalam menerapkan PPKM, berdasarkan Inmendagri dan dia wajib mentaati PPKM. Apabila PPKM menurun, sudah diatur juga mekanisme penurunannya juga,” jelasnya. Terkait pengawasan, Disnaker tetap menekankan sosialisasi perintah penerapan prokes kepada seluruh perusahaan.

“Kita sampaikan ke pelaku dunia industri, apapun level PPKM edukasi prokes tetap wajib terus ditegakkan di lingkungannya sesuai SOP. Sejauh pengawasan kami masih disiplin,” tambah Yoyok.

Ia menilai dengan turunnya level, aktivitas pekerja akan segera normal dan sedang diupayakan untuk kembali diperkenankan bekerja 100 persen karyawan. Artinya tidak lagi pengurangan jam dan upah.

BACA JUGA :  Secara Virtual, Presiden Jokowi Resmikan PT Bank Syariah

“Kalau levelnya turun maka mereka semakin bergairah dan menggeliat roda ekonomi, kondisi keuangan perusahaan akan semakin menuju normal. Tentu produksi akan berjalan kembali menggerakkan roda ekonomi,” imbuh pria yang juga menjadi Plt Kepala Satpol-PP Kabupaten Malang ini. (Tyo/Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here