Mahasiswa UMM Menginisiasi Adanya Kampung Budaya Di Tulungagung

0
67
Pendirian kampung budaya jaranan dan reog kendang yang di inisiasi oleh mahasiswa UMM.

TULUNGAGUNG, PIJARNEWS.ID – Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyasar Karang Taruna dan warga di Dusun Bareng, Desa Dukuh, RT/RW 002/002, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Mereka mengadakan pemberdayaan untuk pendirian kampung budaya jaranan dan reog kendang Tulungagung pada Sabtu, (25/5) lalu.

Anis Farida Jamil MPd, dosen pendamping PKM-PM mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hidup masyarakat menjadi maju dan budaya serta tradisi dapat tetap lestari. “Untuk menumbuhkan sikap bangga terhadap budaya bangsa pada diri generasi muda di Tulungagung khususnya di Desa Dukuh, meningkatkan nilai estetika dan eksistensi budaya bangsa yang diwariskan, dan bertambahnya pariwisata di Indonesia yang mengusung kebudayaan dan kearifan lokal,” katanya.

JARANAN: salah satu budaya khas tulungagung yang terus dilestarikan

Dibantu 5 mahasiswa, kegiatan ini disambut baik oleh karang taruna dan warga sekitar. Sedikitnya ada 10 mitra dan warga dusun yang turut serta, mereka terlihat antusias melaksanakan program ini. “Kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk melestarikan lagi budaya khas Tulungagung, apalagi kebudayaan reog kendang dan jaranan,” kata Sayuti, salah satu mitra dari PKM-PM.

Setelah program ini dilaksanakan, para mitra dan warga setempat mengisi kuisioner terkait tanggapannya mengenai kegitan tersebut. Hasilnya, seluruh mitra dan warga setempat memberikan tanggapan positif. Bahkan mereka memiliki inisiatif untuk melajutkan program ini agar kebudayaan Tulungagung lebih dikenal luas. (Hen)

BACA JUGA :  Individu Berkebutuhan Khusus Perlu Mendapat Peluang Sama di Dunia Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here