Masuk Musim Hujan, Pemuda Di Sumenep Gelar Penyuluhan Pertanian

0
180
Formart Institute menggelar penyuluhan pertanian untuk menyambut musim tanam.

SUMENEP, PIJARNEWS.ID – Menjelang musim tanam tahun ini, Forum Masyarakat Rombiya Timur (FORMART INSTITUTE) menggelar penyuluhan pertanian. Acara tersebut digelar di Aula Al-Barakah Desa Rombiya Tmur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, pada Minggu (17/10) lalu. Agus Isyanto, petugas pengendaloan penyakit dan hama Dinas Pertanian Jawa Timur, hadir sebagai pemateri pada kegiatan tersebut bersama Farid, Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian Sumenep, serta Arfiansah Hafid Anwari koordinator penyuluh Kecamatan Ganding.

Nasiri, Ketua Formart Institute mengatakan, kegiatan penyuluhan melibatkan petani, kelompok tani dan perwakilan petani di Kecamatan Ganding, Sumenep. Salah satu tujuan dari kegiatan tersebut, yakni memberikan pehaman kepada petani menjelang musim tanam di musim kemarau tahun ini. “Kami pemuda yang tergabung di Formart Institute, ingin menjadi kelompok penyambung dengan petani, dengan memberikan ruang untuk menyampaikan keluh kesah petani”, jelasnya.

Agus Isiyanto juga sangat mengapresiasi kepada kelompok yang peduli terhadap nasib petani, menurutnya di zaman seperti saat ini banyak pemuda yang sudah cuek dengan pertanian. “Pertanian ini kan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, kalau generasi muda sudah tidak bisa merawat maka sangat disayangkan,” katanya.

Sementara itu, Arfiansah sangat mendukung langkah pemuda yang tergabung dalam Formart Institute tersebut, bahkan ia menyarankan agar membentuk kelompok petani milenial. “Kegiatan ini sangat positif, kami sangat mendukung agar kegiatan tidak hanya berhenti disini, artinya ada tindak lanjut,” kata Arfiansah.

BACA JUGA :  Haedar Nashir: Vaksinasi adalah Ikhtiar Kolektif dalam Mengatasi Wabah COVID-19

Dalam kegiatan tersebut membahas banyak hal, mulai dari cara menaman yang benar, cara mengatasi hama dan penyakit, hingga soal kelangkaan pupuk. Sehingga terjadi interaksi dengan peserta yang hadir. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here