Bangkitkan Inovasi Marketing, PMM Mitra Dosen UMM Adakan Pelatihan Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 1 Batu

0
213
PMM Mitra Dosen: Dosen Peternakan FPP UMM mengadakan pelatihan kewirausahaan Dalam meningkatkan nilai jual hasil peternakan

BATU, PIJARNEWS.ID – Dosen Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengadakan pelatihan kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 1 Batu pada Ahad (17/10). Dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat, beberapa dosen peternakan bermitra dan bekerjasama dengan mahasiswa dalam progam PMM Mitra Dosen. Pengabdian dan PMM Mitra Dosen ini dilakukan mulai bulan Juli 2021 dan berakhir Oktober 2021, hal ini dikarenakan pada saat awal dilaksanakannya pengabdian, terkendala PPKM darurat level 4 di Malang Raya yang mengakibatkan akses untuk berpartisipasi dan kegiatan tertunda, karena dalam keadaan level 4 semua kegiatan dilarang untuk bertatap muka atau luring.

Diawal kegiatan tersebut, dilakukan pelatihan kewirausahaan dengan cara luring terbatas (luritas) dengan materi blanded, yaitu campuran antara luring (luar jaringan /offline) dan daring (dalam jaringan /online). Pada saat pelatihan yang pertama, dilaksanakan dengan tema pelatihan kewirausahaan produk peternakan berbasis online, dimana dalam pelatihan ini diisi oleh Dr. Ir. Khusnul Khotimah, MP.MM., Dr. Ir. Asmah Hidayati, MP.IPM., dan Dr. drh. Imbang Dwi Rahayu., M.Kes. yang dilakukan dengan secara online dan luritas. Dimana siswa sebagian dikelas dengan pemateri di layar dengan Zoom Meeting, selain itu di pelatihan ini juga dilakukan secara luring tatap muka dengan di dampingi oleh Ali Mahmud, S.Pt.,M.Pt, ketua pelaksana. Serta mahasiswa PMM Mitra Dosen yakni Alvin Raffi Adyatma, Achmad Miftakhul Huda, Muhammad Yusuf Alfarisi, Ari Ardiansyah dan Aulia Putri Khoirina.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa SMK Muhammadiyah 1 Batu tentang cara digitalisasi marketing yang baik, serta pemasaran produk olahan hasil peternakan  dengan menggunakan aplikasi online. Pada kegiatan kedua, dilakukan secara luritas dengan pemateri semua luring di laksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Batu pada tanggal 17 Oktober 2021. Dalam pelatihan yang kedua ini, masih mengusung tema kewirausahaan dengan meningkatkan nilai jual harga produk peternakan, yaitu pemanfaatan daun jambu sebagai pengawetan telur. “Hal ini kami lakukan karena melihat selama kami break dalam pelaksanaan PMM Mitra Dosen, kami mengikuti perkembangan turunnya harga telur, sehingga kami berinisiatif untuk mengusung tema bagaimana telur bisa lebih awet dengan biaya murah sehingga telur bisa bertahan lebih lama,” ungkap Alvin Raffi Adiyatma, Koordinator PMM Mitra Dosen.

BACA JUGA :  Lagi, UMM Menjadi Pelopor Energi Terbarukan di Malang

Ir. Isnaini, guru dari SMK Muhammadiyah 1 Batu menuturkan, pelatihan yang diberikan oleh PMM Mitra Dosen ini sangat bermanfaat, dan menjadikan motivasi untuk murid-murid kami dalam berkreativitas dalam memulai kewirausahaan sejak mereka sekolah. “Tidak ada yang tidak bisa dilakukan di dunia peternakan, selama kita semua masih bisa berinovasi dan berkreativitas dan bermanfaat untuk orang lain,” terangnya.

Kegiatan lanjutan pelatihan kewirausahaan ini guna memonitoring perkembangan pelatihan pertama yang mengalami kendala dikarenakan aturan PPKM yang ditetapkan oleh Pemerintah, sehingga kegiatan lanjutan dilakukan pada bulan lain menunggu PPKM selesai. Kegiatan lanjutan yang diberikan berupa pelatihan pengawetan telur, dan praktik pembuatan market place yang dilakukan oleh siswa SMK Muhammadiyah 1 Batu. Selain memberikan materi tentang digital marketing dan kewirausahaan, kelompok PMM Mitra Dosen ini juga membuatkan fasilitas yaitu berupa kandang ayam agar siswa SMK 1 Muhammadiyah Batu bisa memanfaatkan dengan langsung praktik dan berwirausaha. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here