Kandang Portable, Karya Mahasiswa PMM Mitra Dosen UMM Untuk Siswa SMK Muhammadiyah 1 Batu

0
231
PMM Mitra Dosen: Progam merakit dan membuat kandang portable oleh Mahasiswa PMM Mitra Dosen UMM Untuk Siswa SMK Muhammadiyah 1 Batu

BATU, PIJARNEWS.ID – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (PMM UMM) yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 01 Batu sejak Juli lalu hingga Oktober 2021, kegiatan ini merupakan PMM Mitra Dosen Ali Mahmud S.Pt., M.Pt. dengan tim yang terdiri dari Dr. Ir, Khusnul Khotimah, MM.MP, Dr. Ir. Asmah Hidayati, MP. IPM. dan drh. Imbang Dwi.R.,Mkes. Program pengabdian yang dilakukan bersama antara mahasiswa PMM Mitra Dosen antara lain, Alvin Raffi Adyatma, Ari Ardiansyah, Achmad Miftakhul Huda, M. Yusuf Alfarisi, dan Aulia Putri Khoirina yang merupakan mahasiswa Peternakan FPP UMM.

Dalam kegiatannya, PMM ini memiliki progam yang unik di SMK Muhammadiyah 1 Batu, dimana saat harga telur lagi anjlok dan peternak ayam petelur lagi resah akan harga pakan yang naik, mahasiswa PMM justru mengedukasi, merakit dan membuat kandang ayam petelur portable untuk memotivasi siswa dalam berwirausaha, serta sebagai sarana praktik dan sarana untuk implementasi dalam belajar menekuni Agribisnis Unggas. Ide ini tertuang saat mahasiswa PMM UMM Mitra Dosen melakukan koordinasi awal pelaksanaan untuk mengedukasi dan mengadakan pelatihan kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 1 Batu. “Disaat pandemi, peternak ayam petelur merasakan mahalnya harga pakan dan murahnya telur. Kita harus tetap berinovasi dan berkreasi, bagaimana nantinya bisa mengefisienkan sarana dan prasarana ternak ayam petelur. Kami ingin Prodi Agribisnis Unggas di SMK Muhammadiyah 1 Batu ini punya peran yang bisa membantu kemajuan dan kesejahteraan peternak nantinya, sehingga kerjasama dengan PMM Mitra Dosen imi diharapkan dan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih,“ tutur Ir. Ainur Roshida, Guru Di SMK yang beralamat Jl. Welirang No.17, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur tersebut.

BACA JUGA :  Mahasiswa PAI UMM Kenalkan Media Pembelajaran Rainbow Quiz

Disisi lain, Ali Mahmud Ketua Pengabdian sekaligus DPL mahasiswa memaparkan bahwa peternak muda dan calon peternak muda saat ini harus bisa berinovasi secara milenial di zamannya. Progam merakit dan membuat kandang portable ini, dilakukan mulai dari 14 Juli 2021 lalu, namun karena adanya PPKM darurat level 4 Malang Raya, kegiatan ini tertunda dan baru dilanjut pada bulan Oktober dan selesai pembuatan sampai siap isi pada Ahad (17/10) kemarin. Kegiatan ini dilakukan mulai dari desain tempat, pengukuran kandang baterai, pemilihan bahan baku, pengerjaan kandang dengan pengelasan. Kandang ini di desain khusus bisa dipindah-pindah, dan bisa digunakan untuk pameran serta bisa minimalisir penyimpanannya karena bisa di lepas. “Semoga dengan difasilitasi kandang ayam ini, dapat menjadikan semangat baru bagi siswa di SMK Muhammadiyah 1 Batu dalam mengembangkan potensi diri dan melatih skill berwirausaha di bidang peternakan.” ujar Dr. Ir. Asmah Hidayati MP., tim pengabdian sekaligus Kaprodi Peternakan UMM.

Harapan dari SMK Muhammadiyah 1 Batu dan PMM Mitra Dosen UMM dengan adanya kandang ayam baterai ini, dapat menjadikan siswa SMK Muhammadiyah 1 Batu antusias dan termotivasi dalam melaksanakan belajar Agribisnis Unggas, dengan mengimplementasikan dan praktik langsung ilmu dan teori yang mereka dapatkan. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here