Prestasi Ditengah Anggaran Minim, KONI Harapkan Ada Peningkatan

0
353
Bunga Arbella, Atlet panahan Kabupaten Malang yang mendapat tiga medali emas di ajang PON XX Papua 2021

MALANG,PIJARNEWS.ID – Prestasi gemilang ditorehkan atlet-atlet asal Kabupaten Malang di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua. Total mendapatkan 38 medali yang disumbangkan oleh kontingen asal Bhumi Arema tersebut. Sementara itu, dukungan Pemkab Malang dalam hal anggaran pengembangan masih tergolong minim. Hartono, Sekretaris KONI Kabupaten Malang mengatakan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Malang meyakinkan bahwa dengan raihan medali tersebut memang pantas untuk ditambahkan. Hal itu mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki KONI Kabupaten Malang tahun 2021 ini, ia mengaku masih terbilang jauh dari besaran normal.

“Tahun ini kita hanya Rp 1,9 miliar dari normal biasanya sekitar Rp 9 miliar. Itu cukup jauh selisihnya. Padahal kita membeina 56 cabor dan yang ikit ke Porprov saja ada 48 cabor,” ujar Hartono saat dikonfirmasi, Sabtu (30/10). Meski demikian, ia memaklumi lantaran kondisi keuangan Pemerintah Daerah tengah diprioritaskan kepada penanganan Covid-19. Terlebih, ia sangat mengapresiasi Pemkab Malang yang berupaya memberi reward kepada atlet berprestasi.

Untuk itu, kedepannya ia berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bisa memberi perhatian lebih terhadap pembinaan atlet-atlet Kabupaten Malang untuk dapat berprestasi. Salah satunya dengan mengembalikan mekanisme alokasi anggaran. “Harapannya kembali normal di tahun 2022 nanti. Selama ini cabang olahraga banyak yang mandiri dalam hal fasilitas, kalau secara resmi kita ajukan kita menyadari ada keterbatasan Pemkab. Memang akan sulit untuk memberi support yang sifatnya peralatan atau kegiatan lain,” tambahnya.

BACA JUGA :  Ilham Erwahyudha Atlet Paralayang Posisi 31 Dunia adalah Mahasiswa Asal Jombang

Menurut Hartono, KONI Kabupaten Malang juga optimis, jika anggaran tersebut bisa kembali digulirkan, terutama untuk mendukung penjaringan dan pembinaan atlet, maka prestasi yang diraih juga akan semakin meningkat. “Prestasi kita ada, tapi anggaran memang minim yang didapat masing-masing cabor. Apalagi, jika targetnya pada Porprov mendatang targetnya tiga besar,” pungkasnya. (Tyo/Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here