Menko PMK Muhadjir Effendy Apresiasi Sumbangsih Muhammadiyah Kota Probolinggo

0
853
BERI SEMANGAT: Menko PMK Muhadjir Effendy saat berkunjung ke kantor PD Muhammadiyah Kota Probolinggo. Dalam kesempatan itu, Muhadjir mendiskusikan banyak hal dengan pengurus dan lembaga di bawah naungan Muhammadiyah.

PROBOLINGGO, PIJARNEWS.ID – Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi Muhammadiyah Kota Probolinggo. Apresiasi diberikan atas sumbangsihnya dalam pembangunan masyarakat. terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Muhadjir itu, kala berkunjung ke kantor Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Probolinggo, Jumat (29/10/2021). “Ini luar biasa. Muhammadiyah itu terbiasa memberi dan berkontribusi. Apalagi sampai nilainya miliaran,” katanya disambut tepuk tangan para undangan.

Sebelumnya, pengurus Muhammadiyah menyampaikan sejumlah program. Di antaranya terkait pembangunan lembaga pendidikan yang nilainya mencapai Rp 1,6 miliar. Hingga kontribusi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Muhammadiyah yang juga berkontribusi dalam penanganan bencana nonalam covid-19.

Muhadjir menyebut, Muhammadiyah punya 3 fungsi. Yakni, sebagai organisasi, sosio-denominator, dan state of mind. “Sebagai organisasi, kontribusi Muhammadiyah sudah tidak diragukan lagi. Termasuk state of mind, di mana Muhammadiyah mampu menggerakkan alam pikiran masyarakat untuk moderat dalam beragama dan modern dalam karya,” katanya.

Sementara sosio-denominator, ia menyebut masih perlu dioptimalkan. Mantan Mendikbud ini mengatakan, Muhammadiyah belum mengoptimalkan peran ini. “Sosio-denominator ini adalah irisan atau persinggungan, antara Muhammadiyah sebagai lembaga dengan jamaah atau simpatisannya. Karena banyak jamaah yang belum teroptimalkan perannya,” jelasnya.

Karena itu, pria yang juga pengurus PP Muhammadiyah ini mendorong iga fungsi Muhammadiyah tersebut dijalankan bersama-sama. Dengan begitu, kebermanfaatan Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat semakin terasa.

BACA JUGA :  IPM Solokuro Gelar Porseni 2021, Ini Pesan PD IPM

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kota Probolinggo Masyfuk mengatakan, pandemi membuat organisasinya semakin berkontribusi nyata di tengah masyarakat. “Kegiatan internal organisasi masih berjalan meski harus ada pembatasa. Namun, aktivitas kemanusiaan yang dilakukan kami semakin intensif,” katanya.

Di antaranya, bakti sosial penyemprotan disinfektan di tempat ibadah, lembaga pendidikan, dan pemukiman masyarakat. Kemudian, bantuan sosial melalui Lazismu kepada warga yang melakukan isolasi mandiri maupun warga tidak mampu. Belum lagi di bidang kesehatan, di mana Muhammadiyah menjadi salah satu garda terdepan penanggulangan covid-19.

Muhadjir sendiri datang ke Kota Probolinggo mewakili Presiden RI Joko Widodo. Sebelum berkunjung ke Muhammadiyah, Muhadjir mewakili presiden meyerahkan bantuan program BPJS Kesehatan untuk nelayan. Kemudian meresmikan pasar syariah di Pasar Kronong, mengunjungi stan UMKM, serta meninjau vaksinasi pada seribu santri. (fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here