UMM Raih AKU 2021 Bidang Kemahasiswaan Terbaik

0
1516
Wakil Rektor III UMM Dr. Nur Subeki, ST, . M.T. dengan sertifikat penghargaan kemahasiswaan terbaik.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Prestasi demi prestasi berhasil diraih oleh Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM). Pada akhir November lalu, UMM kembali meraih Anugerah Kampus Unggulan (AKU) untuk yang ke-14 kalinya. Menariknya, pada penghargaan tersebut UMM juga meraih peringkat pertama kemahasiswaan terbaik. Perolehan ini diserahkan kepada pihak Kampus Putih UMM pada hari yang sama.

Wakil Rektor III bagian kemahasiswaan, Dr. Nur Subeki, ST, . MT, mengatakan, UMM sangat mendukung iklim berprestasi di kalangan mahasiswa. Pada beberapa tahun terakhir, Kampus Putih telah mengirimkan banyak peserta dalam berbagai perlombaan. Hal ini juga berbanding lurus dengan raihan prestasi yang dimenangkan oleh mahasiswa.

“Mahasiswa UMM juga sangat aktif dalam mengikuti berbagai agenda yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Pengadaan acara dan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa juga berjalan lancar meskipun berada di tengah pandemi covid. Mungkin itu salah satu alasan mengapa UMM ini mampu meraih juara pertama kemahasiswaan terbaik versi AKU,” ujar dosen Teknik Mesin UMM tersebut pada Selasa (7/12).

Dalam menjaga iklim berprestasi, Eki sapaan akrabnya, menceritakan bahwa Kampus Putih terus mengembangkan center of excellence. Mahasiswa juga dapat mengasah minat dan bakat mereka melalui berbagai Lembaga Semi Otonom (LSO) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tersedia di UMM. Keterampilan berorganisasi pun juga akhirnya dapat terasah melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), serta Senat Mahasiswa Universitas (SEMU) tersebut.

BACA JUGA :  Fenomena Spirit Doll, Begini Pandangan dari Sisi Psikologi

“Kami membebaskan mahasiswa untuk mendalami hobi mereka melalui berbagai organisasi yang ada di UMM. Kami juga mendukung minat-minat baru dengan pendirian UKM ataupun LSO yang sebelumnya tidak ada. Salah satu contohnya adalah pendirian Roundnet Club UMM beberapa waktu yang lalu,” ungkap Eki.

Lebih lanjut, Eki mengatakan bahwa iklim berpretasi di UMM terus berlanjut karena dukungan dan apresiasi yang baik dari kampus. Hal ini sesuai dengan slogan UMM yaitu tiada hari tanpa prestasi dan tiada prestasi yang tidak dihargai. Beberapa apresiasi yang diberikan berupa hadiah juara, lalu konversi nilai ke mata kuliah terkait, serta publikasi. Tak hanya pada prestasi saja, apresisasi juga dilakukan pada kegiatan relawan bencana dan kepenulisan di media konvensional.

“Pada beberapa perlombaan tahunan seperti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) serta Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI), kami melakukan pendampingan yang ketat. Kami juga memiliki tim khusus untuk mendampingi, mulai dari riset sampai persiapan serta fasilitas untuk lomba,” kata Eki.

Di akhir wawancara, Eki mengatakan kebanggaannya akan raihan prestasi yang diperoleh UMM ini. Raihan ini juga sangat membahagiakan karena kerja keras tim UMM diapresiasi oleh lembaga lain. “Kita akan mempertahankan raihan ini, dan terus meningkatkan berbagai inovasi dan prestasi untuk kedepannya,” pungkasnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here