Kafe Kontainer UMM, Tempat Nongkrong Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

0
1536
Kontainer Cafe UMM yang memberikan kenyamanan dan banyak pilihan menu.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Malang memang memiliki banyak tempat nongkrong yang menarik untuk dikunjungi, baik untuk mengerjakan pekerjaan atau hanya menghabiskan akhir pekan. Tidak sedikit pula kafe di Malang yang menyediakan co-working space. Salah satunya yakni Kontainer Cafe UMM yang berlokasi di dalam wilayah Universitas Muhammadiyah Malang UMM). Tepatnya di sebelah timur lapangan sepak bola.

M. Isnaini, S.Pd., M.Pd, tim set up menjelaskan bahwa kontainer cafe memiliki konsep ramah lingkungan dan hemat energi. Hal itu bisa dilihat dari pemanfaatan kontainer bekas sebagai kafe dan co-working space. Sedangkan dari segi hemat energi, kafe ini memanfaatkan tenaga listrik dari Pembangkit Listrik Tenga Mikro Hidro (PLTMH).

“Konsep tersebut memanfaatkan kontainer bekas tidak terpakai, yang dirubah menjadi lebih bermanfaat sebagai cafe didukung dengan listrik yang dipasok dari PLTMH milik UMM,” ujar Isnaini pada Selasa, (7/12).

Lokasi co-working space yang disediakan Kafe Container UMM.

Krisna, sapaan akrab Isnaini, kembali mengatakan bahwa kafe ini bertujuan untuk memfasilitasi mereka yang ingin fokus belajar, bekerja, diskusi maupun hanya sekadar nongkrong. Apalagi dengan disediakannya co-working space. Meski begitu, masyarakat umum juga dapat menikmati layanan menarik tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa Kontainer Cafe ini telah siap beroperasi sejak 2019, namun pandemi Covid-19 datang dan menunda operasi kafe ini. Hingga akhirnya bisa beroperasi tiga bulan terakhir 2021 belakangan. Adapun kafe ini menjadi salah satu bagian dari My Dormy Hostel UMM. Disampaikan Krisna, Kontainer Cafe juga memiliki menu yang beragam. Mulai dari kopi, teh, smooties, dan berbagai macam makanan.

BACA JUGA :  Rooftop Rayz Hotel UMM, Opsi Tempat Nongkrong Kekinian dan Nyaman di Malang

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UMM ini menyampaikan, dalam pelaksanaannya kontainer cafe juga memberdayakan mahasiswa sebagai partimer dan pegawai. Menurut pengakuan Krisna, banyak mahasiswa yang berminat dan mendaftar untuk bekerja di kontainer cafe. “Alhamdulillah, banyak mahasiwa yang berminat mendaftarkan diri. Ini menjadi salah satu upaya pemberdayaan di kafe ini,” ucapnya.

Dosen asal Lombok ini berharap, co-working dan cafe ini bisa berkembang dengan lebih baik lagi. Menyediakan layanan yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Begitupun juga bisa menjadi tempat berkarya dan berkreasi. “Dengan model kafe edukasi ini, mahasiswa UMM tak perlu keluar kampus lagi untuk ngopi atau mengerjakan tugas. Begitupun dengan masyarakat yang bisa menikmati layanan menarik dari Kontainer Cafe,” pungkasnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here