UMM Student Award: Puncak Apresiasi Prestasi Mahasiswa

0
2156
Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. bersama dengan Zinidin Zidan dan Nabila Maharani dalam UMM Student Award.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Kemeriahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Student Award membuat gemuruh Hall Dome pada Rabu (15/12) kemarin. Menyajikan beragam penampilan tari, parkour, hingga wushu, event meriah Kampus Putih ini merupakan upaya untuk mengapresiasi prestasi mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa UMM saja, namun juga mahasiswa seluruh Indonesia yang telah mengikuti event UMM Championship.

Puluhan penghargaan di berbagai kategori disiapkan untuk para mahasiswa yang sudah berjuang memenangkan kompetisi. Mulai dari e-sport, virtual run, pencak silat, debat hingga tari. Menariknya, adapula penghargaan khusus bagi mereka yang telah berdedikasi bagi negeri.

Di antaranya kategori prestasi internasional, kontribusi sosial dan kemanusiaan, teknologi dan digitalisasi, mahasiswa bertalenta hingga figure center of excellence. Semakin meriah dengan datangnya guest stars Zinidin Zidan dan Nabila Maharani, dua musisi dan Youtuber asal Yogyakarta.

Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek Dikti RI Ir. Suharti MA. P.hD. mengatakan bahwa pihaknya selalu mendukung segala upaya peningkatan prestasi putra-putri Indonesia. Tidak hanya dalam aspek akademik, tapi juga non akademik yang membentuk karakter para mahasiswa. “Berbagai penghargaan kesenian, science, dan olahraga yang diberikan dalam UMM Student Award sangat selaras dengan rencana pemerintah untuk mendukung talenta muda nasional,” imbuhnya.

Suharti, panggilan akrabnya juga berharap agar UMM Student Award bisa menjadi agenda tahunan. Sehingga dapat memacu para mahasiswa untuk mencetak prestasi di tingkat regional, nasional bahkan juga internasional. “Saya yakin, saudara-saudara adalah Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang prestasinya dapat dikembangkan menjadi jauh lebih hebat lagi,” tambahnya.

BACA JUGA :  Inovatif, Tim Pengabdian UMM Ajari Peternak Ikan Gunakan Teknologi

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd. mengatakan bahwa ada dua kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa. Keduanya adalah kompetensi akademik dan juga kompetensi kepemimpinan. Adapun kegiatan UMM Student Award ini merupakan hal luar biasa yang dapat membentuk karakter dan mental mahasiswa.

Fauzan juga mengingatkan bahwa meski sekarang menjadi mahasiswa, namun di masa depan mereka akan menjadi pemimpin. Maka perlu memahami bahwa kehidupan akan dipenuhi dengan kompetisi-kompetisi sengit. Jika tidak memiliki bekal mental dan karakter yang kuat, maka akan banyak kesulitan dan hambatan yang menanti.

Dalam rangka memastikan kelulusan dan kemandirian mahasiswa, Fauzan menjelaskan bahwa UMM juga telah membuat program UMM PASTI. Program ini bertujuan untuk memastikan mahasiswa lulus 3,5 hingga 4 tahun serta mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. “Maka Kampus Putih telah menyediakan wadah organisasi yang beragam bagi mahasiswa. Mulai dari olahraga, kesenian tari, vokal bahkan juga youtuber dan influencer,” imbuh Fauzan.

Kemeriahan UMM Student Award diakhiri dengan penampilan dua guest stars utama, Zinidin Zidan dan Nabila Maharina. Keduanya mengajak para tamu untuk beryanyi dengan beberapa lagu yang dibawakan. Antusiasme para mahasiswa baru juga terlihat dengan tarian dan nyanyian bersama sampai acara berakhir. Adapun penampilan musisi dan youtuber dari Yogyakarta tersebut bisa ditonton melalui kanal Youtube UMMTube. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here