Menarik! Duet Mahasiswa PMM UMM dengan Emak-emak Lumbung Stroberi, Hasilkan Stroberi dengan Berbagai Varian

0
1878
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dibawah bimbingan Nawang Sulistyani, M.Pd, Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dari kelompok 5 pada gelombang 18 dengan tema “Bhaktiku Negeri”.

BATU, PIJARNEWS.ID – Unit usaha dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Raharjo yang menjadi salah satu ikon khas destinasi Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Lumbung Stroberi terletak di Dusun Pandanrejo yang mana dusun ini memiliki potensi alam penghasil “Buah Stroberi”, ini di karenakan mayoritas petani di Dusun Pandanrejo adalah petani stroberi.
Selain buah stroberi yang menjadi ciri khas di tempat ini, Lumbung Stroberi menyajikan berbagai produk dan fasilitas yang meliputi, kebun stroberi, petik stroberi, serta edukasi stroberi. Selain produk dan fasilitas yang disediakan, panorama atau pemandangan alam di sekitar dan udara yang sejuk menjadi salah satu faktor pendukung destinasi wisata ini karena terletak diantara Gunung Arjuno dan Gunung Panderman.
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dibawah bimbingan Nawang Sulistyani, M.Pd, Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dari kelompok 5 pada gelombang 18 dengan tema “Bhaktiku Negeri”. UMM melakukan beberapa upaya dalam rangka pengembangan potensi buah stroberi di Desa Pandanrejo, Batu ini.
Sroberi merupakan salah satu buah yang kaya banyak vitamin. Disisi lain, keberadaan buah stroberi di Desa Pandanrejo ini tidak sedikit jumlahnya. Tim PMM UMM berinisiatif untuk membantu mengembangkan potensi dari buah stroberi, baik dari pengolahan seperti minuman sari stroberi, dan selai stroberi. Olahan buah stroberi tersebut memiliki nilai jual yang bisa meningkatkan ekonomi di era pandemi seperti sekarang ini.
Kegiatan ini diharapkan agar nantinya masyarakat tau akan pengolahan dari buah stroberi yang ada di sekitar mereka, serta dapat di maksimalkan potensinya. Mahasiswa PMM ini mengikuti proses budidaya stroberi mulai dari penanaman hingga pemanenan yang dilaksanakan bersama ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putri. Selain itu, kegiatan yang dilakukan lainnya yaitu seperti budidaya sayur, pengolahan buah stroberi, pembuatan handsanitizer dan pembagian covid healthy kit, juga ikut serta dalam kegiatan minggu sehat bersama ibu-ibu KWT.
Pengolahan buah stroberi yang dilaksanakan yakni pengolahan stroberi menjadi sari minuman dengan brand “Jasmine” yang diolah oleh ibu-ibu KWT Melati Putri. Olahan tersebut nantinya akan dipasarkan kepada distributor makanan/minuman yang ada di Kota Batu itu sendiri. Sari buah stroberi tersebut sangat membantu meningkatkan ekonomi dari anggota KWT Melati Putri.
“Kami juga melaksanakan pembagian covid healtykit yang berisikan masker, handsanitizer, dan vitamin. Tujuannya adalah untuk menghindarkan masyarakat sekitar Desa Pandanrejo dari pandemi Covid-19 yang masih menyebar luas khususnya di Jawa Timur. Respon baik yang kami terima dari ibu-ibu KWT Melati Putri, menjadikan kelompok PMM semakin semangat untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang lainnya,” terang salah satu mahasiswa PMM.
Disisi lain, para ibu-ibu juga sangat mengapresiasi adanya PMM UMM ini. “Terimaksih, terimakasih, dan terimakasih sudah membantu proses budidaya stroberi, telah membagikan covid healthy kit kepada ibu-ibu,” kesan salah satu anggota KWT Melati Putri. (Hen)

BACA JUGA :  UMM Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Penerima Hibah PKKM Kemendikbud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here