Erick Thohir : Jangan Jadi Generasi Rebahan

0
2098
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, H. Erick Thohir, BA., M.B.A. didampingi Rektor UMM Dr. Fauzan, M.Pd saat mengisi agenda Student Day Talkshow yang membahas Tranformasi Digital pada Sabtu (15/1) di Dome UMM.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Transformasi digital dan ekosistem ekonomi memiliki peran vital dalam membangun negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, H. Erick Thohir, BA., M.B.A. kepada para mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia berkesempatan mengisi agenda Student Day Talkshow yang membahas Tranformasi Digital pada Sabtu (15/1) di Dome UMM. Hadir pula secara langsung Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, S.H., M.H., dan Direktur Lippo Plaza Batu, Suwanto. Adapula Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, S.H., M.IP yang turut serta mengisi agenda secara daring.

Erick mengatakan, bahwa target Indonesia di 2025 adalah menjadi negara dengan ekonomi terbesar nomor empat di dunia. Tapi, mimpi itu hanya akan menjadi mimpi jika kita tidak mengusahakannya dengan baik, terutama dalam aspek ekonomi. Tentu akan banyak tantangan yang harus dimenangkan agar bisa mencapai mimpi itu.

“Dalam beberapa tahun kedepan, ekonomi tidak hanya berfokus pada Sumber Daya Alam (SDA) lagi. Namun akan fokus pada kemampuan manusia dalam mengelola ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, sehingga mampu mendorong ekonomi negara menjadi lebih maju. Oleh karenanya, di era digital seperti sekarang, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kapabilitas di bidang digital,” terang mantan Presiden Inter Milan tersebut.

“Kita harus menyiapkan 17,5 juta tenaga kerja yang mempunyai kemampuan di bidang digital agar bisa memenangkan persaingan dengan negara lain. Maka, pembangunan infrastruktur digital serta pembentukan ekosistem yang baik dalam pengelolahan SDA menjadi poin utama. Dengan begitu, pembangunan ekonomi nasional bisa berjalan dengan lancar,” lanjut Erick.

BACA JUGA :  Bangkitkan Inovasi Marketing, PMM Mitra Dosen UMM Adakan Pelatihan Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 1 Batu

Menurutnya, saat ini banyak sumber daya alam yang dikirim ke luar negeri dengan harga yang murah. Kemudian pengelolaannya juga dilakukan oleh negara luar. Tentu, hal ini merugikan Indonesia. “Jangan jadi generasi rebahan dan konsumtif. Jadilah generasi produktif agar bisa bersaing dengan bangsa lain,” tegasnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here