Ganjar Pranowo Dorong Mahasiswa untuk Bantu UMKM Menuju Digitalisasi

0
2070
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir secara virtual dalam agenda Student Day Talk Show yang membahas tentang Transformasi Digital pada hari Sabtu (15/1) di Dome UMM

MALANG, PIJARNEWS.ID – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menggelar Student Day Talkshow pada Sabtu, (15/1). Menghadirkan Menteri BUMN, Erick Thohir, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Student Day Talkshow kali ini mengambil tema Transformasi Digital.

Ganjar Pranowo yang hadir secara virtual menilai, pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi hal yang penting. Sayangnya, hanya sebagian kecil dari mereka yang menggunakan fasilitas digital. Maka, Gubernur Jateng itu mendorong mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dalam rangka mengupayakan peralihan bisnis menuju digitalisasi.

“Saya rasa, digitalisasi harus bisa masuk ke desa-desa sehingga UMKM mampu bertahan di arus digital yang semakin besar ini. Ada banyak manfaat proses digitalisasi yang bisa dirasakan, khususnya pembayaran online yang dirasa mampu menurunkan angka korupsi,” terang Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga ingin agar mahasiswa turun menjawab permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Begitupun dengan menginsiasi aktivitas kolaborasi sehingga kendala pemasaran, permodalan, izin usaha serta hal lainnya dapat menemukan jalan terang. Pengembangan jejaring juga perlu ditingkatkan untuk mendorong penggunaan sistem dan pembayaran digital.

Di sisi lain, Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd. menerangkan bahwa slogan Student Today Leader Tomorrow membuat Kampus Putih memfokuskan proses pendidikan dalam dua hal, kompetensi akademis dan leadership. “Dan agenda Student Day ini menjadi salah satu upaya untuk membangun leadership yang kuat. Khususnya melalui berbagai kegiatan mahasiswa, organisasi serta agenda-agenda yang menarik,” jelasnya.

BACA JUGA :  Imbas Naiknya Harga Minyak Goreng, Pabrik Kerupuk Berhenti Produksi

Fauzan juga menjelaskan terkait terobosan baru UMM untuk menyiapkan lulusan yang mandiri, yakni dengan Centre of Excellence (CoE). Beberapa di antaranya adalah sekolah udang, unggas, anggrek, rumput laut, welding inspector dan lainnya. Kampus Putih juga terus mengidentifikasi pengembangan aspek digital sehingga para mahasiswa UMM tidak tertinggal dengan keterampilan digital yang kini dibutuhkan. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here