Wow! UMM, Satu-satunya Kampus Indonesia yang Punya UKM Dirgantara

0
1215
Pelantikan anggota UKM Biru Flying Club UMM sebelum melaksanakan kegiatan kedirgantaraan.

MALANG, PIJARNEWS.ID – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) senantiasa memberikan terobosan dan inovasi baru. Teranyar, Kampus Putih tengah membuka Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang kedirgantaraan dengan nama Biru Flying Club. Menariknya, UMM juga menjadi satu-satunya kampus yang memiliki program yang berkaitan dengan dirgantara.

UMM Flying Club ini juga melengkapi lebih dari 60 UKM yang dimiliki oleh kampus putih. M. Isnaini, pembina mengatakan bahwa saat ini anak-anak muda memiliki passion dan ketertarikan yang bermacam-macam. Salah satu yang menarik perhatian adalah passion di bidang dirgantara.

“Club ini tentu akan kami buka seluas-luasnya bagi siapapun mahasiswa yang berminat. Apalagi dengan prinsip yang kami pegang teguh bahwa pemimpin dapat lahir dari pintu manapun. Salah satunya melalui pintu Biru Flying Club,” tuturnya.

Krisna, panggilan akrab Isnaini, juga menegaskan bahwa UMM menjadi satu-satunya kampus yang memiliki wadah bagi passion dirgantara. Begitupun juga menjadi satu-satunya kampus yang menjadi bagian dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Menurutnya, ini adalah terobosan yang strategis untuk menemukan talenta-talenta mumpuni untuk masa depan.

Nantinya Biru Flying Club akan menyediakan sederet kegiatan menarik. Aero sport flight training dan paralayang adalah dua di antaranya. Adapula paramotor dan juga bidang drone yang sudah disediakan. Dalam pelaksanaannya, semua olahraga itu akan diawasi langsung oleh para profesional yang ahli di bidangnya masing-masing.

Dosen asal Lombok tersebut mengatakan, hingga saat ini ada lebih dari 50 anggota yang sudah tergabung. Mereka juga telah mengikuti rentetan perkenalan dan diklat. Pihak UKM terus menjalin komunikasi intens dan didukung penuh oleh Lanud Abd. Saleh, serta FASI dalam persiapan hingga pelaksanaan kegiatan dirgantara. Dengan begitu, berbagai aktivitas bisa tersinergi dan berjalan dengan aman serta lancar.

BACA JUGA :  Hadirkan 2 Pakar, Kelas Profesional FPP UMM Kaji Tantangan Budidaya Udang

“Tiap kegiatan tentu memiliki tantangannya masing-masing. Begitupun dengan Biru Flying Club yang harus menemukan maahasiwa dengan talenta terbaik. Selain itu juga harus memiliki nyali yang kuat dan tangguh. Kampus Putih secara konsisten terus menghargai semua prestasi dan inovasi serta kreativitas dari sivitas akademika. Hal itu selaras dengan prinsip yang selalu kami gaungkan yakni tiada prestasi yang tidak dihargai,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua UKM Biru Flying Club, Nixon Farrel Mahatma mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan yang sudah digelar. Salah satunya adalah pembekalan dan latihan dasar sebelum melakukan kegiatan olahraga dirgantara nanti. Dengan begitu, mereka tidak asal beraktivitas dan bisa memberikan keamanan bagi masing-masing peserta.

Nixon juga menyebutkan berbagai alasan para mahasiswa mengikuti UKM tersebut. Ada yang ingin mengetahui lebih jauh tentang pesawat, ada yang ingin mencoba olahraga dirgantara, adapula yang ingin merasakan sensasi kegiatan di UKM bersama kawan-kawan lain.

“Kami memang memiliki berbagai alasan untuk bergabung di UKM ini, tapi satu yang pasti adalah kami ingin menemukan dan menjadi talenta-talenta masa depan yang mampu menyumbangkan prestasi bidang kedirgantaraan yang berasal dari mahasiswa UMM,” tambahnya. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here