Air Menggenang di Kota Batu, Ini Sebabnya

0
353
Ket.foto: Salah satu titik saluran drainase yang dibersihkan Petugas DPUPR Kota Batu, karena tersumbat sampah rumah tangga.

BATU, PIJARNEWS.ID – Luberan air dari drainase ke jalan karena sumbatan sampah rumah tangga yang masuk ke drainase, terjadi di Kota Batu, ini terjadi saat curah hujan yang tinggi. Sehingga hal tersebut membutuhkan kesadaran bersama agar saluran drainase bersih dari sampah.

Kepala Dinas PUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menyampaikan, untuk menghindari bencana banjir di pusat kota atau daerah permukiman padat penduduk butuh sinergi bersama. Salah satunya dengan komitmen tidak membuang sampah sembarangan, utamanya sampah plastik.

Alfi mengatakan, petugas mendapati drainase tersebut dipenuhi dengan sampah plastik yang diduga berasal dari sampah rumah tangga. “Melubernya air dari aliran drainase yang diketahui saat petugas membersihkan saluran drainase, dan didapati banyak sampah plastik,” jelas Alfi kepada awak media, Jum’at (18/2).

“Untuk itu kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi ke dalam drainase,” tambahnya.

Karena itu ia berharap kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke saluran drainase demi kebaikan bersama.

“Kami pastikan anggota kami turun mengecek kelapangan. Saat ini kita juga terus melakukan normalisasi agar drainase bisa menampung debit air yang meningkat saat hujan turun,” tuturnya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang bersama-sama menjaga kebersihan saluran drainase dilingkungannya. (Hen)

BACA JUGA :  Usaid Iuwash Plus dan Kotaku, Kerjasama dalam Wujudkan Lingkungan Sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here