Ternyata, TikTok Sudah ‘Senggol’ Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Begini Ceritanya.

0
333
webinar yang digelar oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA) bertajuk "Senggol Bestie, Pemanfaatan Tik Tok untuk Promosi Kampus."

PIJARNEWS.ID – TikTok kini telah menjadi media sosial yang diminati generasi muda. Para pengguna Tik Tok umumnya berasal dari usia remaja. Demografi pengguna TikTok menjadikan platform media sosial ini cocok untuk promosi kampus.

“TikTok seharusnya dikelola dengan baik dan serius oleh biro humas dan admisi kampus dengan konten yang sesuai dengan trend penggunanya,” ujar Rudianto, wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), pada Kamis (28/4/22) kemarin.

Rudianto menyampaikan hal ini dalam webinar yang digelar oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA) bertajuk “Senggol Bestie, Pemanfaatan Tik Tok untuk Promosi Kampus.”

Bertindak sebagai pembicara dalam webinar ini adalah Erwan Sudiwijaya, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Universitas Yogyakarta (UMY), Nurudin, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Agung Tirta Wibawa, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung, dan Muhammad Najih Farihanto, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), serta Muhammad Himawan Sutanto, Ketua Umum APIK PTMA.

Pengguna TikTok di Indonesia didominasi oleh para remaja dengan rentang usia 14-24 tahun. Dilihat dari segmentasi demografi pengguna, TikTok selaras dengan calon mahasiswa baru. Hal ini mendorong beberapa kampus PTMA memanfaatkan TikTok.

Sementara itu, TikTok dikenal dengan karakternya  yang receh, hal ini melahirkan tantangan di ranah kreativitas dan etika. Nurudin, salah satu pembicara dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengungkapkan, bahwa TikTok itu tuntutan zaman. Teknologi mendorong percepatan dan perubahan. Karena hidup maju ke depan dan tidak mundur ke belakang.

BACA JUGA :  RBC UMM Kenalkan Olahan Kopi dan Eksperimen Pasta Gigi Gajah, Begini Ceritanya

“Promosi kampus harus melihat siapa sasaran kampusnya. Era sekarang sudah berubah. Bahkan di Amerika, mayoritas pengguna media sosial dari generasi milenial dan Z sekarang beralih ke TikTok. Jika kampus tidak jeli melihat kecenderungan ini, maka kampus itu tidak dilirik calon mahasiswa,“ tegas Kepala UTP PMB UMM tersebut.

Kegiatan yang digelar dari pukul 15.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB tersebut, diikuti oleh lebih dari 100 partisipan. Di moderatori oleh Fajar Junaedi, Dosen Ilmu Komunikasi UMY, webinar ini berlangsung menarik karena membahas tema yang kekinian. Serta dimanfaatkan untuk promosi kampus PTMA, sehingga diharapkan dapat lebih memberikan daya tarik bagi para generasi milenial. (Nurudin/Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here