Ribuan Anggota Tapak Suci Putera Muhammadiyah Siapkan Penampilan Di Muktamar ke-48

0
685
Tapak Suci Solo Raya siapkan penampilan di Muktamar 48
Tapak Suci Solo Raya siapkan penampilan di Muktamar 48

SURAKARTA, PIJARNEWS.ID – Ribuan anggota Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) bersiap menampilkan seni bela diri pada perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, 18-20 November 2022. Para pendekar Tapak Suci (TS) tersebut, nantinya akan menampilkan pertunjukan terbaik dengan mendatangkan pendekar dari Solo Raya.

Ketua II Pimpinan Pusat Tapak Suci (PPTS), Dr Rony Syaifullah MPd mengatakan, penampilan pendekar Tapak Suci tersebut merupakan representasi dari penampilan seluruh pendekar di Jawa Tengah. Sebanyak 1.100 anggota TS dari Solo Raya tengah bersiap untuk memberikan penampilan terbaik dalam kesempatan tersebut.

“Intinya representasi kita dari Jawa Tengah, namun karena secara teknis harus bertemu untuk latihan bersama maka yang dilibatkan dari Solo Raya. Ada 1.100-an anggota dan 18 pendekar di Jawa Tengah yang memberikan instruksi langsung untuk mereka,” paparnya, pada Senin (8/8).

Menurut Rony, penampilan seni bela diri yang akan ditampilkan pada perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 yang akan diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada November 2022 tersebut, dibagi menjadi beberapa jenis penampilan. Selain itu, akan diperlihatkan kombinasi dari jurus terbaik Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

“Akan menampilkan gerak rampak jurus-jurus kombinasi dari jurus TS Putera Muhammadiyah selama kurang lebih satu menit. Dilanjutkan dengan penampilan TS masing-masing klaster, diantaranya jurus mawar, jurus naga, jurus rajawali, secara bergantian kurang lebih 30 detik untuk masing-masing klaster,” jelasnya.

BACA JUGA :  Surati Jokowi Terkait TWK KPK, Ini Permintaan Muhammadiyah
Giat berlatih untuk sukses Muktamar 48 (Foto: Panitia Pusat)
Giat berlatih untuk sukses Muktamar 48 (Foto: Panitia Pusat)

Kemudian tampilan seni bela diri diteruskan dengan penampilan andalan TS dari delapan kelompok, diantaranya jurus katak, jurus harimau, jurus rajawali, jurus merpati, jurus lembu.

“Penampilan dari masing-masing klaster atau Kabupaten, diikuti oleh 120 anggota yang akan tampil. Jadi, total penampilan Tapak Suci Putera Muhammadiyah nantinya akan berjalan dengan durasi 12 menit. Harapan kami, dengan persiapan efektif tiga setengah bulan ini mampu memberikan pertunjukan terbaik dan menunjukkan representasi Tapak Suci Putera Muhammadiyah itu mandiri, berprestasi dan mendunia,” pungkasnya. (Tria/Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here