Inggris Berduka, Ratu Elizabeth II Wafat

0
117

LONDON, PIJARNEWS.ID – Berita duka datang dari Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal diusia 96 tahun pada Kamis, (8/9). Kabar kepergian Ratu yang bertahta selama 70 tahun tersebut dilaporkan Istana Buckingham. Sementara akun Twitter The Royal Family mengabarkan Ratu Elizabeth meninggal di Balmoral.

Dilansir dari detikNews, Ratu Elizabeth II memang diketahui sedang dalam pengawasan medis di Balmoral, Skotlandia. Pengawasan dilakukan usai dokter istana menyatakan kekhawatiran atas kesehatan Ratu Elizabeth II.

“Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia, dan merekomendasikan dia untuk tetap berada di bawah pengawasan medis. Sang Ratu tetap nyaman dan berada di Balmoral,” kata sebuah pernyataan Istana.

Disisi lain, Raja Charles sangat berduka atas kepergian Sang Ratu. “Kami sangat berduka dengan berpulangnya ratu yang sangat dihormati dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kepergiannya akan sangat dirasakan di seluruh penjuru negeri, di negara-negara Persemakmuran, dan di seluruh dunia.” (Sumber: BBC)

Selama Ratu Elizabeth II memegang tahta kerajaan, Inggris memiliki 15 perdana menteri. Ratu Elizabeth II terlahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary Windsor, di Mayfair, London, pada 21 April 1926. Ratu menikah pada usia 21 tahun dengan Philip di Westminster Abbey, London, pada 20 November 1947. Dimana keduanya dikaruniai anak, yakni Pangeran Charles, lahir pada 1948, Putri Anne pada 1950, Pangeran Andrew pada 1960, dan Pangeran Edward pada 1964.

BACA JUGA :  Penerapan PPKM Mikro di Surabaya Akan Sedikit Berbeda

Sepeninggal Ratu Elizabeth II, tahta Kerajaan Inggris dipegang oleh Raja Charles III. Ratu Elizabeth yang paling lama memegang tersebut, pastinya meninggalkan harta kekayaan. Tahun 2022, harta Elizabeth secara pribadi diperkirakan bernilai 365 juta pound (sekitar Rp 6,2 triliun).

Menurut Sunday Times Rich List, angka ini naik 15 juta pound dari penghasilannya tahun 2020 dan termasuk Sovereign Grant dan penghasilan pribadinya. Forbes sendiri menyebut secara keseluruhan kekayaan bersih kerajaan adalah 72,5 miliar pound. (Hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here