Foto: Poster propaganda misterius berisikan keluhan biaya kuliah di UMM. (lanang/pijarnews.id)

MALANG – Beredar poster propaganda misterius berisikan keluhan biaya kuliah yang semakin mahal di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jum’at (01/11).

Poster tersebut bernada “sindiran” kepada pihak UMM dengan disertai gambar Gedung Kuliah Bersama (GKB) 1. Poster menyebar di beberapa tempat gedung perkuliahan dan fasilitas kampus lainnya, salah satunya terlihat di dinding depan ruang 3.05 lantai tiga GKB-1.

Ketika dikonfirmasi, Sugeng selaku Sekretaris Humas UMM menjelaskan, pihak kampus tidak mengetahui perihal siapa yang melakukannya. “Benar, memang poster itu telah tertempel di beberapa lingkungan kampus. Hanya kami belum tahu siapa yang melakukannya,” ujar beliau.

Sedangkan Rizky, salah satu Mahasiswa Fakultas Hukum UMM melihat pertama kali poster tersebut berada di area parkiran 3.  “Pertama kali saya lihat posternya sudah ada di parkiran 3 kampus yang dekat Terminal Landungsari, bahkan sejak Jumat kemarin (26/10/2019),” ungkapnya ketika diwawancarai.

Poster tersebut berupaya meluapkan keluhan biaya kuliah yang mahal namun tidak sebanding dengan fasilitas kampus yang ada. Poster yang tidak dilengkapi dengan identitas ini juga telah ramai tersebar dalam media sosial WhatsApp Group (WAG).

Beberapa orang sempat mendokumentasikan dengan mengambil foto dan menggunakan poster itu sebagai status di akun media sosial pribadinya. Berikut ini isi poster yang beredar:

“Peringatan !!! Welcome UMM (Universitas Makin Mahal)

Warning !!!

Kemana hendak uang dikejar

Kampus semakin kurang ajar

Mahasiswa dibuat tidak sadar

Dengan fasilitas semakin tidak wajar…!!!

#MahasiswaUMM

#UniversitasMakinMahal

#FasilitasTidakWajar “

Rizky menambahkan, menurutnya ini adalah bentuk penyadaran kepada Mahasiswa akan kondisi pendidikan di UMM saat ini. “Hal ini bagi saya adalah bentuk penyadaran Mahasiswa akan kondisi pendidikan di UMM saat ini, dimana biaya pendidikan yang cukup tinggi, sehingga tidak mudah dijangkau oleh masyarakat. ” Ungkapnya.

BACA JUGA :  Masa Pandemi, Masjid di Kota Batu Ini Tetap Sediakan Takjil Ramadhan

Lebih lanjut masih pendapat Rizky, “Aksi seperti ini bagi saya patut untuk diapresiasi, karena usaha ini menjadikan mahasiswa agar sadar, bahwa pendidikan di Indonesia sudah sangat mahal. Hal ini mungkin bukan hanya di UMM saja, kondisi seperti ini harusnya membentuk fikiran kritis seluruh Mahasiswa di Indonesia.” Pungkas Mahasiswa asal Polewali Mandar ini.(*)

Reporter: Prasetyo Lanang*

Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here