Selamat! Abdul Mu’ti Terpilih Jadi Ketua Umum Organisasi Perdamaian Lintas Agama

0
1887
Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed (Istimewa)

JAKARTA, PIJARNEWS.ID – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Abdul Mu’ti MEd terpilih sebagai Ketua Umum Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) periode 2023-2028. Informasi terkait terpilihnya Prof Mu’ti sebagai Ketua Umum ICRP menggantikan Prof. Musdah Mulia didapatkan pada Jumat (20/1) kemarin.

ICRP merupakan organisasi nirlaba, non-sektarian, non-pemerintah dan independen yang didedikasikan untuk memajukan dan mempromosikan dialog antar agama, demokrasi dan perdamaian di Indonesia yang berdiri sejak 12 Juli 2000.

ICRP didirikan oleh para pemuka agama dari berbagai agama dan kepercayaan di Indonesia. Tujuan dari didirikannya ICRP sendiri ialah dalam rangka mendorong dialog membangun kehidupan beragama yang demokratis, humanis dan pluralis.

ICRP bersama dengan berbagai lembaga maupun individu yang memperjuangkan pluralisme dan perdamaian lebih menekankan pada upaya menegakkan keadilan dalam berbagai perspektif: gender, HAM, spiritualitas, ekonomi, sosial dan politik.

ICRP bergerak aktif mengambil bagian dalam mengembangkan studi tentang perdamaian dan resolusi konflik, serta memperjuangkan HAM dan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Hadir dengan misi menumbuhkembangkan multikulturalisme dan pluralisme dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia, ICRP juga melibatkan kaum muda dalam mayoritas kegiatannya.

ICRP juga memiliki misi membangun kesadaran budaya religiusitas yang sehat, saling menghormati dan bebas dari rasa saling curiga di antara seluruh elemen bangsa khusus komunitas dan lembaga antar-iman. Serta mendorong usaha – usaha dialog, advokasi, pengkajian dan pemecahan masalah-masalah sosial politik dan keagamaan baik dalam skala daerah, nasional, regional, maupun internasional.

BACA JUGA :  Pentingnya Ilmu Falak, Yayasan Al-Falakiyah Adakan Pelatihan di Ponpes Karangasem

Terpilihnya Prof Mu’ti sendiri sangat konsern dalam menyuarakan hal-hal tersebut, maka sangat tepat kiranya jika Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini diberi amanah dalam menahkodai ICRP periode 2023-2028. Selamat! (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here