Foto: Forum Kajian Sejuta Motivasi Semangat Millenial (Kasemsem) berlangsung di Alun-alun Kota Bangkalan. (agiel/pijarnews.id)

BANGKALAN – Sekaligus untuk mengisi hari libur, Kajian Sejuta Motivasi Semangat Millenial (Kasemsem) kembali mengadakan forum kajian bersama Komunitas Reggae jalanan. Acara tersebut bertempat di Alun-alun Kota Bangkalan, Minggu (03/11).

Seakan kurang puas dengan kajian sebelumnya, kajian ini merupakan permintaan dari Komunitas Reggae jalanan, mereka mengusulkan untuk mengangkat tema “Untuk Apa Belajar Agama?”. Tema tersebut mereka bahas untuk memahami konsep agama yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

Dwi Jaka Anandika, sebagai pemateri kajian menjelaskan, kajian memang  tidak harus selalu membahas tentang tata cara ritual ibadah, tema kajian sebisa mungkin juga harus menyesuaikan keinginan dan kebutuhan dari lingkungan tersebut.

“Kami hanya memfasilitasi, kawan-kawan inginnya membahas apa dan maunya dimana, meskipun itu outdoor, entah di trotoar jalan atau di gardu-gardu, kita akan turuti. Karena pada prinsipnya kita bisa belajar dari mana saja dan di mana saja.” Terang Dwi Jaka Anandika.

Dengan perasaan kagum beliau juga menjelaskan, ada segment yang menarik dari kajian kali ini, ketika pembahasan keagamaan yang diinginkan justru usulan dari para millenial, sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan soal pacaran, musik dan semacamnya yang dekat dengan keseharian mereka, hal itu menjadi lebih menarik, sehingga tidak hanya tentang tata cara beribadah ritual.

Puput Isnaini Afifah, salah satu anggota komunitas Reggae jalanan berpendapat kenapa mengikuti forum ini, “Selain untuk menghargai perkumpulan, saya juga ingin menambah ilmu keagamaan, agar saya memiliki tambahan pengetahuan tentang perintah dan larangan dalam beragama,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Cabang Pemuda dan 'Aisyiyah Soko Adakan Musycab Bersama

Kajian dengan tema “untuk apa belajar agama?” Ini memang suatu permintaan dari komunitas Reggae atau Anak Jalanan, mereka ingin mengetahui segala hal tentang agama yang berdampak langsung bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya.(*)

Reporter: Agiel Laksamana Putra*

Editor: Milada RA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here